Siapa sih sekarang yang tidak mengenal kopi kekinian “Janji Jiwa” yang cukup populer itu? Yup! Kebiasaan minum kopi yang biasa dilakukan banyak orang di Indonesia, menjadikan bisnis kopi kekinian ini semakin marak diminati oleh para perintis usaha. 

Usaha ini, juga bisa dibilang sebagai bentuk usaha waralaba atau yang biasa kita kenal sebagai franchise. Lalu, jika kita ingin menjadi salah satu pemilik dari toko kopi ini bagaimana caranya?

Maka dari itu, di artikel ini kita akan membahas mengenai syarat daftar hingga harga franchise Janji Jiwa. Yuk, simak artikelnya!

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara ataupun persyaratan dalam membeli sebuah franchise. Terlebih dahulu, kita harus mengenai apa itu franchise dan bagaimana skema bisnisnya. 

Definisi Franchise

Sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 42 tahun 2007 mengenai waralaba, franchise merupakan hak khusus yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha atas sistem bisnis beserta ciri khas usaha tersebut dalam rangka memasarkan produk barang ataupun jasa yang memang telah terbukti keberhasilannya dan dapat dimanfaatkan oleh pihak lain sesuai dengan kesepakatan dan perjanjian yang ada.

Baca Juga: 9 Cara Mengelola Usaha Franchise Agar Makin Untung

Dalam dunia franchise, ada istilah franchisor yaitu pemberi waralaba. Franchisor adalah yang memberikan hak untuk memanfaatkan atau menggunakan waralabanya kepada penerima waralaba.

Sedangkan penerima waralaba dikenal dengan franchise. Untuk bisa mendapatkan hak waralaba, maka franchise harus membayar sejumlah uang yang ditentukan oleh franchisor. Sejumlah uang ini biasa disebut dengan franchise fee.

Di Indonesia sendiri, suatu jenis usaha bisa dikatakan sebagai franchise jika memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Mempunyai ciri khas usaha
  2. Terbukti sudah memperoleh keuntungan
  3. Memiliki standar terhadap pelayanan, jenis barang ataupun jasa
  4. Memiliki alur kerja yang mudah diaplikasikan
  5. Adanya dukungan yang berkesinambungan
  6. Memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang sudah terdaftar

Sejarah Berdirinya Kopi Janji Jiwa

Harga Franchise Janji Jiwa

Kopi Janji Jiwa pertama kali didirikan oleh Billy Kurniawan pada tahun 2018. Kopi Janji Jiwa, awalnya memiliki misi untuk memperkenalkan biji kopi lokal asli Indonesia.

Dengan misi tersebut, Billy dan rekannya berharap dengan hadirnya kopi Janji Jiwa, bisa memenuhi pangsa pasar minuman kopi di Indonesia, dan membantu petani kopi lokal memajukan hasil pertaniannya. 

Setelah berhasil membuka outlet pertamanya di ITC Kuningan pada tahun 2018, kopi Janji Jiwa terus berkembang pesat hingga saat ini. Selain itu, Janji Jiwa sendiri dapat dikatakan sudah sangat populer karena telah memiliki sekitar 900 gerai kopi yang tersebar di 100 kota yang ada di Indonesia.

Bahkan, merek ini telah meraih penghargaan Top Brand selama dua tahun berturut-turut pada tahun 2020 dan 2021, dan penghargaan MURI pada tahun 2019.

Syarat Membeli Franchise Janji Jiwa

Jika Anda berniat untuk membeli franchise Janji Jiwa, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebagai berikut:

  1. Memiliki bangunan di lokasi yang strategis yaitu dapat dijangkau oleh banyak orang.
  2. Setuju untuk mengubah interior bangunan sesuai dengan ciri khas dan standart Janji Jiwa
  3. Bangunan memiliki ukuran minimal 3 x 2.5 meter
  4. Terhubung dengan arus listrik minimal 18A
  5. Sumber daya air memadai

Harga Franchise Janji Jiwa

Harga Franchise Janji Jiwa 2023

Awalnya, Kopi Janji Jiwa hanya menjual berbagai jenis kopi biasa pada umumnya. Namun, seiring dengan minat masyarakat dan perkembangan usaha yang pesat, Janji Jiwa berinovasi dengan menghadirkan roti panggang yang disebut Jiwa Toast.

Sudah tidak mengejutkan lagi jika brand ini semakin populer. Bahkan, brand ini juga sering melakukan kolaborasi dengan brand-brand ternama lainnya seperti Oreo, Milo, Oatside, dan beberapa brand lainnya. Brand ini juga dikatakan semakin populer dibuktikan dari 75% gerai kopi Janji Jiwa yang didirikan berdasarkan asas kemitraan.

Janji Jiwa adalah sebuah brand franchise minuman. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha franchise Janji Jiwa, berikut ini adalah informasi harga franchise Janji Jiwa yang perlu Anda ketahui:

a. Paket standart (Rp 75 Juta)

Terdiri dari lisensi brand, seragam untuk pegawai, peralatan pembuat produk, perlengkapan alat hot menu, media untuk promosi, interior sesuai ciri khas dan standar booth, pelatihan, dan panduan SOP.

b. Paket lengkap (Rp 85 Juta)

Diberikan fasilitas yang sama seperti paket standar. Namun, untuk paket lengkap ada tambahan berupa mesin kasir dan freezer.

Selain harga franchise, ada juga beberapa biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan, seperti biaya sewa tempat, biaya peralatan dan perlengkapan, serta biaya operasional.

Namun, Janji Jiwa memberikan dukungan yang cukup untuk pemilik franchise, seperti pelatihan, bahan baku, dan dukungan marketing.

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha franchise Janji Jiwa, pastikan untuk melakukan riset pasar dan analisis kelayakan usaha, serta mempersiapkan modal yang cukup.

Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa usaha franchise Janji Jiwa yang Anda jalankan dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang optimal.

Baca Juga: Inspirasi Bisnis Kopi Ala Noms Kopi Hingga Sukses Buka Banyak Cabang

Cara Membeli Franchise Janji Jiwa

franchise kopi janji jiwa

Ditengah maraknya kecanggihan teknologi seperti saat ini, untuk menjalankan sebuah usaha tentunya sangat mudah bagi Anda. Informasi yang tersedia di internet pun sangat membantu Anda. Maka dari itu, berikut adalah cara mendaftar untuk membeli franchise Janji Jiwa:

  1. Mengirimkan proposal franchise Janji Jiwa melalui e-mail ke markom@lunabrands.com atau  janjijiwaku@gmail.com.

    Namun, apabila Anda ingin menanyakan informasi lebih lengkapnya terlebih dahulu, Anda bisa menghubungi nomor 0821-2489-9089 yang merupakan nomor telepon resmi Janji Jiwa.

    Atau, Anda bisa mendatangi kantor pusat Janji Jiwa di Jalan Kedoya Utara No. 2, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat 11520.

  2. Setelah proposal diterima dan disetujui, Anda diminta untuk menandatangani kontrak perjanjian antara kedua belah pihak dan membayar biaya franchise sesuai dengan paket yang Anda pilih.

     

  3. Kemudian, Anda diminta untuk mempersiapkan pembukaan gerai kopi Janji Jiwa selama kurang lebih dua minggu, termasuk pengiriman bahan baku. Setelah itulah, kedai kopi Anda bisa langsung beroperasi.

Baca Juga: Bisnis Franchise Menantea : Cara Memulai dan Tips Sukses

Aplikasi Manajemen dan Payroll Karyawan Franchise

cta absensi wajah

Setelah Anda berhasil membuka gerai kopi Janji Jiwa, pastinya gerai kopi Anda akan buka dari pagi hingga malam dan mengharuskan karyawan Anda untuk melakukan sistem kerja shift. Aplikasi Hadirr muncul untuk mempermudah Anda mengatur jadwal shift karyawan Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Hadirr sebagai aplikasi dalam melakukan absensi online untuk karyawan franchise Anda. Jadi, karyawan Anda tidak perlu absen melalui fingerprint atau cukup foto selfie di ponsel masing-masing. Hal ini tentu saja juga lebih banyak memakan biaya operasional untuk bisnis Anda.

Melalui aplikasi Hadirr, karyawan Anda pun juga bisa langsung melakukan laporan lembur dan reimbursement agar bisa langsung masuk ke proses payroll.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Untuk menghitung gaji atau payroll serta tunjangan karyawan Anda pun tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan aplikasi Gadjian. Anda tinggal langsung memasukan data karyawan yang Anda miliki, lalu aplikasi Gadjian akan menghitungnya. Termasuk menghitung PPh 21 dan BPJS. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, gunakan aplikasi Gadjian dan Hadirr sekarang!

Coba Gadjian Sekarang
author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group