Franchise Makanan merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu dibutuhkan. Maka tidak heran jika semakin banyak bisnis kuliner yang bermunculan.

Beberapa bahkan membuka peluang untuk menjadi bagian dari mereka, baik itu sebagai karyawan atau mitra yang menjalankan bisnisnya secara franchise.

Franchise merupakan salah satu bisnis model yang diterapkan oleh banyak pemilik bisnis. Selain untuk meningkatkan penghasilan, membuka franchise juga bisa jadi strategi memiliki banyak cabang di berbagai daerah dalam waktu singkat.

Kita yang ingin memulai bisnis pun bisa sangat diuntungkan dengan model bisnis ini. Umumnya untuk menjalankan bisnis franchise, kita hanya perlu menyiapkan modal dan lokasi yang strategis. Setelahnya kita akan dibantu oleh perusahaan atau pemilik produk.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Franchise

Baca juga: Kumpulan Format Rekap Absensi Karyawan Excel

Jika Anda saat ini tertarik untuk menjalankan bisnis franchise makanan terlaris, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai mitra bisnis, yaitu:

Memiliki Sistem Kerja Terbaik

Salah satu keunggulan bisnis franchise adalah sistem kerja yang telah berjalan dengan baik. Itu artinya ketika Anda menjadi mitra bisnis makanan tersebut, Anda dapat mengaplikasikan sistem kerja yang mereka miliki.

Hal tersebut juga bisa jadi bagian dalam upaya menjaga standar pengelolaan tetap berjalan dengan baik.

Dukungan Nama Besar Perusahaan

Bisnis makanan tidak hanya menjual rasa atau pilihan menu yang variatif kepada pelanggan. Memiliki nama besar juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis tersebut.

Dengan nama besar tersebut Anda yang ikut menjalankan bisnisnya juga akan mendapatkan keuntungan lebih, salah satunya performa penjualan yang stabil.

Minim Risiko Gagal

Perusahaan atau pemilik bisnis yang membuka peluang franchise biasanya telah memiliki pengalaman yang cukup. Sehingga mereka dapat meminimalisir kegagalan dalam bisnis.

Termasuk bagi mitra yang bekerja sama dengan perusahaan mereka. Maka dari itu performa perusahaan atau bisnis juga penting Anda pertimbangkan.

Modal Relatif Terjangkau

Meski telah memiliki nama besar, Anda tidak harus menyiapkan modal besar untuk memulai bisnis franchise, terutama yang menjual makanan.

Ada beberapa franchise makanan di bawah 100 juta yang bisa Anda coba. Bahkan jika mau mencari lebih cermat, Anda dapat menemukan bisnis makanan dengan modal lebih kecil.

Bisa Langsung Dijalankan

Pemilik bisnis makanan biasanya telah menyediakan semua yang kita perlukan. Terutama mengenai peralatan dan distribusi bahan utama yang diperlukan.

Selain untuk menjaga kualitas dan standar produk, hal ini pun dilakukan agar Anda bisa langsung memulai bisnis tersebut.

Disediakan Bahan Promosi

Sebagai mitra bisnis Anda akan dipandu langsung oleh pemilik franchise. Termasuk dalam hal promosi.

Biasanya untuk memudahkan Anda melakukan penjualan, tim marketing dari perusahaan utama telah menyiapkan marketing kit yang bisa Anda manfaatkan sebagai bahan promosi.

Jaminan Kualitas Produk

Tidak dipungkiri bahwa ada keraguan di sisi konsumen ketika datang ke sebuah cabang outlet makanan. Mereka ingin memastikan apakah kualitasnya sama atau tidak.

Hal ini tentunya juga telah diantisipasi oleh pemilik usaha yang Anda jalankan.

Sehingga mereka akan berusaha menjaga kualitas produk agar tetap sama meski dibeli melalui toko atau cabang yang berbeda.

Franchise Makanan di Bawah 100 Juta 2023

Baca juga: Menghitung THR Karyawan Terbaru atau Belum 1 Tahun Kerja

Apabila Anda saat ini tertarik untuk menjalankan bisnis franchise, kami telah merangkum daftar franchise makanan di bawah 100 juta yang bisa Anda coba sekarang juga, yaitu:

Shizuka Takoyaki

Takoyaki jadi salah satu makanan kekinian yang banyak peminatnya. Makanan asal Jepang ini kini telah dikreasikan dengan semenerik mungkin sehingga menarik perhatian pembelinya.

Selain itu Anda juga bisa menjadi mitra franchise Shizuka Takoyaki dengan modal kurang dari 5 juta rupiah.

Modal yang perlu disiapkan untuk menjalankan bisnis Shizuka Takoyaki sebesar Rp2,2 juta.

Dengan modal tersebut Anda sudah bisa menjalankan bisnis takoyaki kekinian ini, dan disiapkan berbagai alat yang diperlukan, termasuk banner untuk promosi produk.

Pentol Planet

Franchise makanan yang satu ini menawarkan sensasi menikmati pentol dengan cara yang unik.

Pentol Planet telah berdiri sejak 2007 dan terus berkembang hingga saat ini. Salah satunya dengan membuka peluang franchise modal kecil.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan mengeluarkan modal sekitar Rp1,5 juta – Rp2 juta rupiah.

Sudah disediakan peralatan untuk produksi, bahan baku beserta video pelatihan dan branding usaha.

Bakso Benhil

Bakso Benhil jadi salah satu bisnis franchise terlaris 2022. Makanan ini sudah sangat terkenal dan memiliki penggemarnya sendiri.

Agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, Bakso Benhil juga memberikan Anda kesempatan membuka franchise Bakso Benhil dengan modal mulai dari Rp4 jutaan.

Selain diberikan dukungan penuh dalam penjualan, Anda juga akan mendapatkan pelatihan mengenai penataan restoran, pelayanan, perhitungan harga hingga strategi promosi yang bisa dilakukan.

Kimbab Ina

Namanya terdengar cukup Indonesia, namun ternyata semua bahan baku pembuatan menunya diimpor langsung dari Korea.

Selain belum memiliki kompetitor serupa di Indonesia, Kimbab Ina juga terkenal dengan packaging dan tampilan menunya yang menarik.

Biaya untuk membuka franchise Kimbab Ina mulai dari Rp4,7 juta – Rp9,8 juta rupiah. Tergantung paket mana yang Anda pilih.

Terdapat tiga paket franchise yang bisa dipilih, yaitu Paket Orini Korean Yangnyeom Chicken, Agassi Korean Street Food dan Samonim Korean Yangnyeom Chicken.

Sabana Fried Chicken

Bisnis makanan dengan menu utama fried chicken merupakan bisnis franchise terbanyak di Indonesia. Kita bisa menemukannya dengan sangat mudah di setiap daerah.

Salah satu unit bisnis yang sudah sangat berpengalaman di bidang ini adalah Sabana Fried Chicken.

Franchise satu ini telah memiliki ratusan gerai yang tersebar di Indonesia. Memiliki potensi keuntungan hingga Rp20 juta sebulan.

Meski begitu, biaya untuk mencoba franchise ini cukup murah, bahkan termasuk daftar franchise terlaris dengan modal kurang dari 10 juta.

Tahu Gila

Tahu bisa menjadi camilan yang sangat unik dan digemari oleh berbagai kalangan. Hal tersebut telah dibuktikan oleh Tahu Gila yang kini memiliki banyak mitra di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk menjalankan bisnis franchise tahu aneka rasa ini, Anda hanya perlu menyiapkan modal sebesar Rp8 juta rupiah.

Tokyo Ramen

Meski menggunakan menu khas Jepang sebagai nama usaha, ternyata bisnis makanan satu ini merupakan bisnis lokal yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah.

Berdiri sejak 2009 dan kini telah melebarkan sayap dengan membuka peluang franchise. Dengan modal Rp20 juta, Anda bisa langsung menjalankan usaha Tokyo Ramen.

Walau semua keperluan Anda telah dipenuhi oleh pemilik bisnis, Anda tetap harus memiliki manajemen tersendiri pada usaha makanan yang dijalankan.

Salah satunya mengenai bagaimana Anda mengelola karyawan, pembagian gaji dan lain-lain.

Baca juga: Cara Membuat Bisnis Homeschooling

Aplikasi Hadirr untuk Memudahkan Kelola Karyawan Franchise

cta skema komisi sales

Agar semakin memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis franchise makanan, Anda bisa menggunakan aplikasi Hadirr yang dapat mengelola karyawan dengan baik.

Melalui aplikasi kelola karyawan franchise ini, Anda bisa mengatur dan memonitor absensi karyawan secara online dan real-time, mengelola pembagian shift kerja dan reimbursement online.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Sedangkan untuk mengatur perhitungan dan pembagian gaji karyawan secara efektif, Anda bisa memakai aplikasi Gadjian yang terintegrasi dengan aplikasi Hadirr.

Terdapat beberapa fitur Gadjian yang bisa Anda gunakan, seperti hitung gaji dan tunjangan karyawan outlet, hitung PPh 21 & BPJS serta kelola rekrutmen karyawan.

Temukan bisnis franchise makanan terlaris yang bisa Anda jalankan, kemudian memaksimalkan pengelolaan bisnis menggunakan aplikasi Hadirr dan Gadjian.

Coba Gadjian Sekarang
author-tim-sales-hadirr
Tim Sales Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group