Sebagai pemilik usaha atau orang yang bekerja di bagian HR hotel, tentu saja harus mengatur pembagian kerja shift. Sebab, jadwal shift hotel biasanya berbeda dengan jadwal kerja di perusahaan lain yang non perhotelan.

Hotel beroperasi selama 24 jam. Itu sebabnya, sistem kerja shift dianggap paling efektif, baik untuk perusahaan, tamu, maupun karyawan itu sendiri. 

Baca Juga: Begini Kelola Sistem Kerja Shift Karyawan yang Tepat

Pada hotel, biasanya manajemen menerapkan sistem kerja 2 shift atau 3 shift. Anda bisa melakukan pembagian jam kerja 2 shift atau 3 shift, tergantung divisinya. 

Tips Membuat Jadwal Shift Kerja Karyawan

Dalam membuat pembagian shift kerja, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan, yaitu:

Buat pembagian jadwal dengan adil

Setiap divisi tentu saja terdiri atas banyak orang. Anda harus membuat jadwal dengan adil. Pada dasarnya, sistem shift itu berarti semua karyawan mendapat giliran waktu kerja yang merata. Misalnya, ada shift pagi, siang, dan malam. 

Cara membagi shift kerja yang adil adalah semua karyawan selalu mendapat jadwal shift pagi, shift siang, dan shift malam, secara berurutan. Jangan sampai ada karyawan yang mendapatkan shift pagi terus, shift siang terus, atau sift malam terus.

Pembagian waktu kerja yang adil, merata, dan berurutan, berkaitan erat dengan produktivitas dan kesehatan karyawan.

Atur sesuai kemampuan karyawan

Anda butuh karyawan yang cekatan untuk melayani tamu di jam makan siang? Atau butuh karyawan yang lebih fokus kerja pada malam hari? Pilihlah karyawan itu sesuai kebutuhan hotel Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menjalankan operasional. 

Siapkan karyawan cadangan

Akan selalu ada hal-hal yang terjadi di luar rencana. Oleh karena itu, dalam membuat shift kerja hotel, sebaiknya Anda menyiapkan karyawan cadangan. Tulis di jadwal tersebut nama karyawan yang menjadi cadangan dan tanggalnya. Pastikan Anda memilih karyawan yang bisa diminta hadir saat karyawan yang sudah ada di jadwal, tidak bisa masuk kerja.

Sampaikan jadwal kerja pada semua karyawan

Setelah selesai membuat jadwal kerja karyawan, sampaikan pada mereka. Anda bisa meminta kepala divisinya menempelkan jadwal ini di papan kerja pada masing-masing divisi. Lakukan setiap kali ada pergantian jadwal.

Baca Juga: Tips Kelola Jadwal Shift Kerja Karyawan dengan Mudah

Contoh Pembagian Shift Kerja Karyawan Hotel

Sama seperti karyawan di perusahaan lain, karyawan hotel juga mendapatkan jam kerja sebanyak 40 jam per minggu. Beberapa divisi yang ada di hotel yaitu front office, kitchen dan F&B, housekeeping, laundry, dan engineering.

Misalnya, divisi kitchen dan F&B. Divisi ini jam operasionalnya adalah setiap jam makan, yaitu makan pagi, makan siang, dan makan malam. 

Anda bisa mengatur jam kerjanya seperti ini:

Shift pagi pukul 05.00 – 13.00

Biasanya hotel sudah membuka layanan makan pagi mulai pukul 06.00. Karyawan pun mulai melakukan service makan pagi. Mereka menyiapkan makanan secara buffet di restoran atau menyiapkan paket makanan untuk para tamu hotel yang memesan makanan untuk disantap di kamar. Selain itu, karyawan ini juga menyiapkan menu makan siang. 

Shift siang pukul 13.00 – 21.00

Siang hari, karyawan shift siang melanjutkan pekerjaan karyawan shift pagi dalam mengurus makan siang para tamu. Karyawan shift ini juga menyiapkan menu jika ada tamu grup yang memesan makanan untuk meeting. Lalu, menyiapkan menu makan malam. 

Shift malam pukul 21.00 – 05.00

Selain membantu karyawan siang dalam mengurus makan malam, karyawan shift malam juga melakukan daily closing transaksi di restoran.  Karyawan di jam kerja ini juga melayani pemesanan tamu yang ingin makanannya diantar ke kamar. Selanjutnya, karyawan shift malam memastikan dan menyiapkan bahan-bahan yang akan dijadikan menu untuk sarapan esok harinya. 

Agar lebih jelas, di bawah ini contoh jadwal kerja hotel dengan sistem 3 shift dalam format excel.

Shift Kerja Hotel

Gunakan Fitur Absensi dan Pembuatan Jadwal Kerja Digital 

Jika Anda merasa bahwa membuat jadwal kerja shift secara manual itu tidak efisien, Anda bisa menggunakan aplikasi absensi. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi pembagian shift kerja. 

Hadirr adalah fitur absensi digital dan shift kerja karyawan. Dengan menggunakan Hadirr, Anda akan lebih mudah dalam membuat jadwal kerja karyawan, termasuk yang sistem kerjanya menggunakan shift.

Aplikasi Hadirr dapat diunduh di Playstore, sehingga penggunaannya dapat dipantau melalui ponsel. Aplikasi ini juga mudah dimengerti dan digunakan oleh siapa pun. Yang lebih menarik, aplikasi Hadirr bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Kebutuhan-kebutuhan perusahaan seperti pencatatan absensi atau kehadiran karyawan dalam bentuk tabel absensi karyawan, pemantauan karyawan yang bekerja di luar kantor, serta pembuatan jadwal kerja karyawan, bisa dipenuhi dengan mudah jika menggunakan aplikasi Hadirr.

Baca Juga: Contoh Pembagian Shift Kerja di Restoran

Anda hanya perlu menginstall dan berlangganan fitur absensi online Hadirr. Aplikasi berbasis cloud ini memudahkan perusahaan sekaligus karyawan. 

Dengan aplikasi Hadirr, karyawan dapat meningkatkan kinerja, sehingga angka pertumbuhan perusahaan pun bisa lebih tinggi.

Aplikasi Absensi Online Hadirr