Membuat perhitungan lembur karyawan merupakan salah satu tugas HRD yang akan memakan waktu cukup lama jika dilakukan dengan cara manual.

Apalagi jika perusahaan Anda adalah perusahaan besar dengan jumlah karyawan yang mencapai ribuan, metode perhitungan manual tentu tidak disarankan untuk menghitung lembur karyawan Anda. Karena itu, Anda membutuhkan kalkulator perhitungan lembur dengan sistem yang sesuai dengan peraturan yang berlaku Indonesia. 

Perlu Anda ketahui tidak semua kalkulator lembur bisa Anda gunakan di Indonesia. Karena umumnya kalkulator lembur selalu mengikuti peraturan yang berlaku di negara pembuatnya.

Jadi sebelum menentukan kalkulator perhitungan lembur yang sesuai dengan peraturan pemerintah, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu bagaimana ketentuan upah lembur yang berlaku di Indonesia.

Yuk, simak penjelasan dibawah ini!

Ketentuan Upah Lembur di Indonesia

Menghitung lembur karyawan tentu harus sesuai dengan perhitungan overtime Depnaker yang berlaku di Indonesia. Ketentuan lembur yang berlaku di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 35 Tahun 2021 menetapkan bahwa:

1. Upah lembur dihitung dengan perhitungan satu jam. Yaitu dengan cara membagi upah selama sebulan dengan 173 atau dijelaskan dalam rumus berikut:

Baca Juga: Peraturan dan Rumus Menghitung Lembur Karyawan yang Benar

kalkulator perhitungan lembur

2. Sedangkan perhitungan uang lembur karyawan berdasarkan jumlah jam lembur dijelaskan sebagai berikut:

  • Jam lembur pertama dibayar dengan 1,5 kali upah satu jam
  • Sedangkan pada jam berikutnya dibayar dengan 2 kali upah satu jam 

Maka rumus perhitungan yang bisa Anda gunakan yaitu:

kalkulator perhitungan lembur

Jika mengacu pada rumus-rumus di atas, Anda dapat mengetahui jumlah jam lembur sesuai ketentuan dan mengalikan dengan 1/173 x gaji selama sebulan.

Untuk mengetahui aturan lembur dan contoh perhitungan lembur yang lebih mendalam baca juga Berapa besaran uang lembur karyawan?

Cara Kelola Lembur Otomatis

aplikasi lembur berbasis web

Menghitung upah lembur karyawan selalu tidak terlepas dari perhitungan gaji. Sehingga perhitungan upah lembur seringkali dilakukan secara kumulatif bersamaan dengan perhitungan gaji dan kehadiran. Hal ini tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. 

Aplikasi Hadirr memiliki fitur kelola lembur, fitur ini akan memudahkan Anda untuk mencatat data kerja lembur karyawan, membuat persetujuan lembur online, dan melakukan perekapan data lembur otomatis. 

Baca Juga: Uang Lembur Diganti Insentif atau Hari Libur, Bolehkah?

Keunggulan aplikasi ini yaitu adanya otomasi, sehingga perhitungan akan dilakukan otomatis melalui komputer berdasarkan lama bekerja setiap karyawan yang terdiri dari (berapa hari bekerja, berapa hari libur, dan berapa lama waktu kerja).

Selain itu, perhitungan di aplikasi ini dilakukan secara simultan untuk seluruh pegawai yang melakukan lembur, sehingga perhitungan tidak perlu dilakukan secara manual satu per satu. Lebih efisien bukan?

Cara menggunakannya juga cukup mudah, karyawan Anda hanya tinggal melakukan persetujuan lembur secara online. Kemudian langkah selanjutnya karyawan Anda diharuskan memasukkan data jam lembur melalui handphone masing-masing.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Data lembur karyawan yang telah tercatat di aplikasi Hadirr selanjutnya akan diintegrasikan pada aplikasi HRIS Gadjian untuk dilakukan perhitungan melalui kalkulator hitung upah lembur otomatis dengan sistem payroll Gadjian.

Kalkulator Hitung Upah Lembur Otomatis

aplikasi hris gadjian
Aplikasi HRIS Gadjian

Aplikasi hitung lembur online Gadjian yang telah terintegrasi dengan Hadirr akan menghitung upah lembur karyawan berdasarkan data kehadiran, besaran gaji dan potongan secara otomatis melalui fitur hitung gaji online.

Selanjutnya upah lembur karyawan dihitung melalui fitur hitung upah lembur. Fitur ini dapat mengkalkulasi upah karyawan berdasarkan jam lembur seluruh karyawan secara otomatis.

Untuk menghitung upah lembur karyawan, Anda hanya perlu mengunjungi tampilan menu dan mengatur rate lembur dalam satu jam dan memilih formula menghitung upah lembur sesuai peraturan yang perusahaan Anda gunakan seperti: jam lembur x 1/173 x gaji pokok.

Selanjutnya Anda hanya tinggal melakukan impor data kehadiran dari aplikasi Hadirr ke aplikasi Gadjian. Lalu aplikasi akan menghitung upah secara otomatis. Mudah bukan?

Proses perhitungan lembur karyawan menjadi lebih efisien karena perhitungan dilakukan secara bersamaan atau simultan pada seluruh karyawan yang menjalankan lembur. Sehingga staf HRD tidak perlu melakukan perhitungan secara satu per satu. 

Baca Juga: Contoh Form Lembur Karyawan yang Wajib HRD Ketahui

Selain itu, hitung lembur juga dilakukan secara otomatis menggunakan teknologi komputer, yang artinya Anda akan meminimalisir terjadinya kesalahan perhitungan dan human error. Dengan perhitungan otomatis ini juga akan membuat pekerjaan akan terasa lebih efektif dan efisien.  

Coba aplikasi Hadirr dan Gadjian untuk menghitung upah lembur karyawan menjadi lebih efektif dan efisien. Anda bisa menghemat waktu dan menghemat energi dengan hasil yang akurat.

Coba Gadjian Sekarang
Marketing Officer at Fast8 Group

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.