Tidak peduli seberapa besar perusahaan Anda, laporan bulanan HRD untuk manajemen karyawan menjadi bagian penting dari setiap bisnis yang ingin mencapai keunggulan.

Karena itu perusahaan membutuhkan laporan HRD yang mampu mengatur karyawan dan menegakkan budaya perusahaan agar menaikkan profit perusahaan. 

Pada dasarnya, laporan HRD merupakan metode analitik yang digunakan untuk menampilkan data terkait karyawan dengan tujuan agar lebih mudah dalam meningkatkan kinerja seluruh karyawan.

Untuk membuat meningkatkan kinerja, ada beberapa jenis laporan yang harus dibuat setiap bulannya. Lalu apa saja jenis dan contoh laporan HRD yang dibuat setiap bulan? 

Yuk simak penjelasan berikut!

Baca Juga: 4 Contoh Laporan HRD Excel yang Wajib Anda Tahu

7 jenis laporan HRD dan contohnya

1. Laporan kehadiran karyawan

Laporan kehadiran karyawan merupakan laporan bulanan HRD yang berisi data kehadiran untuk menentukan berapa besar gaji dan tunjangan yang akan diberikan perusahaan pada karyawan.

Laporan ini menjadi tolok ukur kinerja dan produktivitas karyawan untuk mengukur beban kerja dalam menentukan strategi perusahaan yang optimal di masa yang akan datang.

HR akan merekap jumlah kehadiran atau presensi selama satu bulan yang kemudian digunakan sebagai dasar pemberian gaji pada karyawan. Berikut ini contoh laporan kehadiran karyawan.

laporan kehadiran karyawan

2. Laporan gaji karyawan

Laporan ini merupakan jenis laporan yang menampilkan perhitungan gaji yang akan diberikan karyawan dalam satu bulan. Laporan ini tidak hanya untuk penting bagi karyawan, tapi juga penting untuk departemen finance sebagai data untuk melakukan pembukuan dan perhitungan pajak atau potongan PPh 21.

Sehingga dengan laporan ini perusahaan bisa memprediksi keuangan selama beberapa bulan ke depan. Berikut ini contoh laporan gaji karyawan.

laporan gaji karyawan

Untuk melakukan perhitungan gaji karyawan lebih mudah Anda bisa gunakan aplikasi hitung upah lembur online Gadjian. Memiliki fitur hitung payroll yang terintegrasi dengan aplikasi Hadirr.

Secara otomatis gaji karyawan dapat dihitung sesuai jam kerja, potongan pajak, dan tunjangan karyawan yang diterima. Jadi Anda dapat menghitung gaji karyawan dengan efisien, mudah, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Laporan izin dan sakit karyawan

Laporan izin dan sakit karyawan merupakan laporan yang menunjukkan pola atau kecenderungan karyawan dalam meminta izin atau sakit. Laporan ini dapat menjadi evaluasi perusahaan untuk menilai kinerja setiap karyawan.

Melalui laporan yang terkumpul perusahaan Anda berhak mengambil tindakan jika kinerja karyawan dalam melakukan izin melebihi batas. Perusahaan Anda berhak melakukan pertimbangan untuk mempertahankan karyawan tersebut atau tidak. Ini contoh laporan HRD untuk izin dan sakit.

Baca Juga: Ragam Laporan Absensi Karyawan yang Wajib HRD Ketahui

contoh laporan hrd

4. Laporan cuti karyawan

Laporan cuti merupakan laporan bulanan HRD yang berisi hak cuti setiap karyawan. Laporan ini menampilkan jumlah dan hari cuti yang wajib diberikan setiap karyawan.

Laporan ini juga berisi perhitungan sisa hari cuti jika sudah digunakan. Hak libur yang diberikan ini tidak akan memotong gaji bulanan karyawan. Berikut contoh laporan HRD excel untuk hak cuti karyawan.

contoh laporan hrd

5. Laporan reimbursement karyawan

Reimbursement adalah pergantian biaya pribadi yang telah digunakan karyawan untuk keperluan perusahaan. Biasanya karyawan diminta mengisi form reimbursement untuk melakukan klaim biaya pada perusahaan.

Nah, laporan jenis ini berisi kumpulan biaya untuk mengganti dana setiap karyawan yang telah digunakan dalam satu bulan. Di bawah ini contoh laporan reimbursement karyawan bulanan.

contoh laporan reimbursement

6. Laporan lembur karyawan

Laporan ini digunakan untuk merekap data seluruh karyawan yang mengikuti kerja lembur. Laporan ini berisi data lembur seluruh karyawan baik itu waktu lembur, lama lembur, dan siapa saja yang melakukan lembur.

Dengan laporan ini perusahaan dapat menentukan upah lembur pada setiap karyawan sesuai jam yang telah dilakukan. Di bawah ini contoh laporan lembur sebagai referensi Anda.

contoh laporan hrd

7. Laporan shift kerja karyawan

Laporan shift kerja karyawan merupakan laporan yang berisi rekapan kehadiran karyawan dengan jenis dan jam kerja tertentu. Laporan ini berdasarkan aturan yang berlaku di setiap perusahaan.

Baca Juga: Tugas dan Peraturan Kerja Shift Malam Karyawan Kafe / Toko

Dasarnya laporan ini tidak jauh berbeda dari laporan kehadiran namun yang membedakan laporan ini dikhususkan untuk kerja tipe shift dengan jam-jam tertentu.

Berikut contoh laporan shift karyawan.

laporan pergantian shift

Aplikasi HR Hadirr dan Gadjian

aplikasi absensi online hadirr

Itulah berbagai jenis laporan HRD dan contohnya, jika Anda merasa kesulitan membuat berbagai jenis laporan karyawan setiap bulannya. Aplikasi HR Hadirr dan Gadjian dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda dalam melakukan perekapan karyawan. 

Laporan HRD bulanan dan Laporan HRD akhir tahun menjadi lebih mudah dengan aplikasi HR Hadirr. Hadirr membantu Anda mengelola kehadiran karyawan melalui aplikasi absensi online dengan keunggulan dapat mencatat waktu kehadiran dan waktu pulang karyawan secara real time.

Karyawan Anda hanya perlu melakukan selfie menggunakan handphone kemudian aplikasi mencatat jam dan lokasi. Ada pula fitur fitur kelola lembur karyawan dan fitur reimbursement online yang membantu Anda mengelola jadwal lembur dan membuat laporan perhitungan reimbursement.

Aplikasi Absensi Online Hadirr
aplikasi hris gadjian

Perhitungan upah karyawan juga dapat dilakukan dengan mudah, otomatis, dan akurat melalui aplikasi Gadjian dengan fitur hitung payroll karyawan. Aplikasi yang terintegrasi dengan Hadirr ini dapat memudahkan Anda dalam menghitung upah lembur karyawan secara otomatis, Anda juga dimudahkan dalam menghitung cuti online melalui fitur hitung cuti online

Tidak hanya itu, aplikasi Gadjian juga akan membantu Anda melakukan hitung upah lembur online. Software penggajian yang fleksibel dan dapat diakses secara online ini memudahkan pekerjaan Anda dalam mengkalkulasi upah tambahan lembur, THR, atau bonus dari perusahaan. 

Coba Gadjian Sekarang

Yuk, beralih ke aplikasi Hadirr dan Gadjian, untuk pekerjaan yang lebih fleksibel dan hemat waktu!

Marketing Officer at Fast8 Group

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.