Bagaimana cara seorang sales person meyakinkan prospek untuk tertarik membeli produk yang mereka tawarkan? Itulah tujuan dari sales pitch, sebuah upaya menawarkan produk melalui presentasi pengenalan yang singkat.

Terdapat dua tantangan yang dihadapi sales saat melakukan sales pitch

Pertama, keterbatasan waktu. Dalam waktu yang singkat, sales harus bisa melakukan banyak hal sekaligus, mulai dari memberikan informasi, mendengarkan feedback dari prospek, hingga menawarkan solusi atas apa yang prospek butuhkan.

Kedua, keberhasilan penjualan. Sales pitch yang dilakukan sales jadi faktor penentu yang mengubah pengenalan menjadi penjualan.

Perbedaan Sales Pitch dan Elevator Pitch

Sebelum membahas seputar tips dan contoh sales pitch, Anda juga perlu berkenalan dengan istilah elevator pitch. Kedua aktivitas pitching ini sama-sama memperkenalkan produk perusahaan dalam kurun waktu yang singkat.

Baca Juga: Strategi Mencapai Target Penjualan dan Negosiasi Sales

Namun, ternyata ada perbedaannya. 

Elevator pitch digunakan hanya saat sales sudah bertemu dengan prospek. Seringkali, pertemuan dengan calon pelanggan tidak bisa diprediksi, bisa saja terjadi saat perjalanan bisnis

Agar tidak kehilangan kesempatan tersebut, sales sebaiknya sudah menyiapkan konsep perkenalan produk perusahaan secara singkat dan menarik. Biasanya dilakukan dalam waktu 30-60 detik.

Sementara itu, pitching presentation lebih fleksibel, bisa melalui email, media sosial, dan presentasi sales langsung.

Dapat dikatakan bahwa elevator pitch adalah bagian dari sales pitch itu sendiri.

Contoh Sales Pitch

Contoh Sales Pitch

Sales pitch menjadi bagian dari membangun promosi. Seperti apakah contoh sales pitch pada perusahaan? Yuk, Intip beberapa inspirasi sales pitch di bawah ini : 

Kalimat Adam Goldstein

Bisakan penawaran produk dibuat ringkas hanya dalam dua kalimat saja? Adam Goldstein membuktikannya. Dia adalah CEO dan co-founder dari situs perjalanan Hipmunk. 

Saat mengalami kesulitan mendanai startup-nya, Adam Golstein menghubungi CEO United Airlines dengan dua kalimat berikut, “Hey, we can lower your distribution costs. Let me know who to talk to.”

Dua kalimat yang singkat dan mudah diingat tersebut menjelaskan apa yang dilakukan situs Hipmunk dan manfaatnya. Tak perlu waktu lama untuk CEO menanggapi Adam Goldstein. Hipmunk mendapatkan investasi lebih dari 55 juta Dollar.

Elevator pitch G2Crowd

G2Crowd adalah platform yang memberikan kesempatan pada penggunanya untuk memberikan pendapat dan testimoni mereka terhadap suatu produk. Begini contoh sales pitch G2Crowd : 

“G2 memainkan peran besar dengan memberikan saran sejawat yang unik dan autentik secara real time. Kami memberikan panduan yang lebih baik kepada pembeli daripada firma analis tradisional, yang dapat memakan waktu hingga 2 tahun untuk memperbarui dan mempublikasikan penelitian teknologi.

Garis waktu itu tidak dapat mengimbangi kecepatan teknologi. Di G2, kami bertujuan untuk menjadi sumber terpercaya yang membantu setiap profesional bisnis di dunia membuat keputusan teknologi yang lebih baik.”

Sales pitch G2Crowd membingkai ulang ringkasan mengenai produk mereka dalam bahasa yang mudah dimengerti awam. Saat diucapkan dalam waktu kurang dari semenit, contoh pitch ini sudah menjawab apa yang dilakukan oleh G2Crowd, apa yang membedakannya dari produk lain, dan apa tujuan dari layanannya.

Poin Penting Sebelum Membuat Sales Pitch

Agar pitching presentation Anda menarik dan unik, apalagi berpeluang menciptakan transaksi, persiapkan hal-hal berikut, di antara :

Riset mengenai calon prospek

Sales pitch yang kuat dan mampu menarik prospek memerlukan riset. Lakukan riset mengenai siapa calon prospek Anda, perannya di tempat bekerja, serta minat dan kebutuhannya. Hal ini untuk mempermudah Anda merangkai kata-kata dalam membangun hubungan dengan prospek.

Strategi berkomunikasi dengan prospek

Adakalanya Anda hanya membicarakan produk yang ditawarkan tanpa memahami ketidaknyamanan prospek. Tentu berakibat mereka mengabaikan pitching presentation, oleh karena itu selalu ingat untuk menempatkan diri sebagai calon prospek dan fokus pada poin-poin solusi yang bisa membantu permasalahan mereka.

Platform yang digunakan

Pitching presentation bisa dilakukan melalui platform sosial. Anda perlu memilih platform yang tepat menyesuaikan latar belakang industri prospek. Contohnya, pilihlah media email untuk berkomunikasi dengan perusahaan teknologi serba cepat.

Personalisasi pemilihan bahasa

Perlu diingat untuk tidak mengirim pitching presentation yang sama pada setiap calon prospek. Sebaiknya disesuaikan dengan user persona atau yang mewakili kebutuhan sekelompok user. Tentu akan ada beberapa kelompok user, sehingga Anda perlu memilih bahasa yang tepat untuk mengirim sales pitch pada setiap kelompok.

Arahan yang digunakan

Dalam sales pitch ada CTA (call to action) yang mengarahkan prospek tentang apa yang selanjutnya bisa mereka lakukan setelah mendapat sales pitch. Apakah merespons dengan cepat atau mengatur pertemuan.

Baca Juga: Cara Membuat Sales Plan untuk Meningkatkan Performa Penjualan

Bagaimana Cara Membuat Sales Pitch yang Efektif?

Sales Pitch

Setelah mempersiapkan hal-hal di atas, selanjutnya Anda tentu ingin tahu bagaimana cara membuat sales pitch yang tepat dan mampu menarik hati prospek.

Rancang outline yang akan dimuat dalam sales pitch

Penulisan pitching presentation bisa berbeda sesuai dengan latar industri prospek. Outline yang bisa Anda susun adalah : (1) 2-3 kalimat paragraf pembuka yang jelas dan personal; (2) fakta berhubungan dengan calon prospek; (3) keuntungan yang akan diperoleh calon prospek; dan (4) ajakan untuk prospek.

Buat prospek merasa istimewa

Hal yang dapat Anda lakukan untuk mendekati close deal saat sales pitch adalah mempersonalisasi promosi sesuai dengan kebutuhan prospek.

Anda bisa membangun emosi mereka dengan menggunakan logat asal prospek atau mencari kesamaan seperti latar tempat tinggal. Setelah itu membantu mereka dengan solusi yang tepat.

Gunakan teknik storytelling yang edukatif

Anda dapat menarik minat prospek lebih jauh dengan kisah singkat kesuksesan pelanggan setelah menggunakan produk Anda. Jangan lupa menempatkan diri seolah-olah Anda adalah sumber informasi yang dapat diandalkan dengan menawarkan fakta-fakta relevan, sehingga meningkatkan ketertarikan dan kepercayaan mereka.

Tatalah cara penyampaian dengan terus latihan

Tidak ada prospek yang mau mendengarkan pitching presentation membosankan, oleh karena itu persiapkan diri Anda agar menarik melalui latihan.

Bisa dengan menghafal sebagian besar pitch, merekam diri untuk mengartikulasikan kata-kata dan mengatur kecepatan berbicara, serta meminta saran dari teman dan keluarga.

Baca Juga: Seputar Sales Pipeline : 6 Tahapan dan Cara Membangunnya

Persiapkan Sistem Penjualan Terbaik dengan Hadirr

aplikasi sales canvassing
Aplikasi Monitoring Sales – Hadirr

Sales pitch akan membantu Anda untuk mencapai penjualan yang diinginkan. Nah, jangan lupa untuk juga mempersiapkan sistem penjualan perusahaan/bisnis Anda dalam menangani prospek yang tertarik melakukan transaksi.

Anda dapat mengelola sistem penjualan yang mudah melalui aplikasi Hadirr, yaitu sebuah sales management app yang cocok dengan beragam jenis industri dan skala bisnis/perusahaan. 

Adapun fitur Hadirr yang mendukung sistem penjualan Anda adalah fitur Hadirr Sales. Fitur ini menunjang kinerja dan aktivitas sales di lapangan dengan cara menyajikan pelaporan dan analisis yang lengkap, melacak aktivitas dan mobilitas sales kapan saja, memberikan layanan otomatisasi dokumen, dan membantu manajemen sales pipeline.

Hadirr juga memiliki fitur absensi sales sehingga karyawan sales bermobilitas tinggi bisa mencatatkan kehadiran mereka online melalui gadget mereka kapan pun dan di mana pun, tanpa perlu datang ke kantor.

Dengan menggunakan aplikasi sales call Hadirr, akan sangat membantu Anda dalam mendorong pertumbuhan perusahaan melalui peningkatan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.

Aplikasi Absensi Online Hadirr
Marketing Officer at Fast8 Group

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.