Dalam era digital yang terus berkembang, mengetahui cara membangun brand awareness yang kuat menjadi salah satu elemen kunci dalam strategi bisnis yang sukses. Brand awareness merupakan tingkat pengetahuan dan pemahaman pelanggan tentang merek Anda. 

Semakin tinggi brand awareness Anda, semakin besar peluang Anda untuk meningkatkan profit bisnis Anda. Oleh sebab itu, menerapkan beberapa strategi untuk mempromosikan brand Anda sangat penting terutama online, yang memungkinkan penyebaran informasi secara cepat.

Di artikel ini akan kami bahas cara meningkatkan brand awareness yang efektif agar pertumbuhan brand bisnis Anda lebih optimal.

Pentingnya Brand Awareness bagi Strategi Bisnis

pentingnya brand awareness
Sumber: Freepik

Sebelum mencoba bangun brand awareness (kesadaran merek), ada baiknya Anda memahami pentingnya membuat strategi ini.

Kesadaran merek merupakan gambaran seberapa tahu, paham, dan kenal seorang konsumen terhadap suatu brand atau perusahaan. 

Setiap tahun, perusahaan akan berinvestasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kesadaran merek. Artinya, sangat penting membangun brand yang akan dikenal banyak orang. 

Kesadaran yang tinggi akan membuat brand Anda lebih menonjol dibandingkan kompetitor di industri serupa. Oleh sebab itu, pemilik bisnis sebaiknya menciptakan identitas merek yang unik dan menarik. Mulai dari logo, tagline, hingga iklan.

Brand awareness yang menarik secara tak langsung akan mempengaruhi profit bisnis, mengingat konsumen yang familier akan lebih memilih Anda ketika membeli produk/layanan. 

Baca Juga: Bagaimana Buyer Financing Membantu Bisnis Anda dalam Memperluas Pasar?

Tips & Cara Membangun Brand Awareness

Sumber: Freepik

Ada sejumlah cara untuk membangun brand awareness. Berikut ini beberapa strategi yang dapat Anda coba. 

1. Kenali audiens Anda dengan baik

Sebelum Anda dapat membangun brand awareness yang efektif, penting untuk memahami dengan baik siapa target pasar Anda. Lakukan penelitian pasar untuk mengidentifikasi siapa pelanggan potensial Anda, apa yang mereka butuhkan, dan di mana mereka berada secara online maupun offline. Mengenali audiens juga akan membantu menentukan imej yang ingin Anda tampilkan dari brand Anda.

2. Bangun identitas merek yang konsisten

Mengembangkan identitas merek yang konsisten adalah langkah awal yang penting dalam membangun brand awareness. Ini termasuk desain logo, warna, slogan, dan nilai-nilai yang merek Anda wakili. Pastikan identitas merek ini tecermin dalam semua aspek bisnis Anda, mulai dari situs web hingga materi pemasaran.

3. Buat akun media sosial

Media sosial adalah alat yang kuat untuk membangun brand awareness. Aktif di platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn membantu Anda berinteraksi langsung dengan audiens Anda. Posting konten berkualitas, merespons komentar, dan berinteraksi dengan pengikut dapat meningkatkan kesadaran merek Anda.

4. Hasilkan konten yang berkualitas melalui content marketing

Menghasilkan konten yang berkualitas dan relevan adalah kunci untuk menarik perhatian audiens Anda. Buat konten yang informatif, menghibur, atau inspiratif yang berkaitan dengan industri Anda. Artikel blog, video tutorial, dan infografis adalah contoh content marketing yang bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness.

5. Kolaborasi dan co-branding

Bekerja sama dengan influencer atau dengan merek lain (co-branding) yang sejalan dengan nilai Anda dapat membantu meningkatkan exposure merek Anda. 

Ketika merek Anda terlihat bersama merek terkenal, ini dapat membantu membangun kepercayaan di antara audiens Anda. Contoh brand awareness melalui co-branding yang sukses di pasaran adalah Chitato dan Indomie, yang merilis varian rasa Indomie Goreng. 

Baca juga: Tugas Sales Marketing dan Strategi Meningkatkan Kinerjanya

6. Berikan customer experience yang tak terlupakan

Penting untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Pelanggan yang puas akan lebih cenderung berbicara positif tentang merek Anda kepada orang lain. Ini adalah bentuk pemasaran mulut-ke-mulut (word of mouth) yang sangat kuat.

Bentuk customer experience yang bisa Anda coba, misalnya, memberikan merchandise sebagai ungkapan terima kasih setelah customer bersedia mengisi survei brand Anda. Jika perusahaan Anda bergerak di bidang ritel misalnya, Anda bisa berikan voucher khusus saat customer ulang tahun dan sebagainya. 

7. Gunakan paid ads secara bijak

Iklan berbayar di platform seperti Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas merek Anda dengan cepat. Pastikan untuk mengatur target audiens yang tepat untuk memaksimalkan pengembalian investasi.

8. Lakukan analisis dan pelacakan kinerja

Selalu pantau dan analisis kinerja upaya branding Anda. Gunakan aplikasi bisnis digital untuk melihat metrik seperti jumlah pengunjung situs web, interaksi media sosial, dan peningkatan dalam kata kunci merek di mesin pencari. Ini akan membantu Anda menilai efektivitas strategi Anda dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

9. Pastikan branding konsisten

Pastikan pesan dan citra merek Anda konsisten di semua platform dan saluran komunikasi. Ini membantu audiens mengenali merek Anda dengan cepat dan mengingatnya lebih mudah. Tak ada salahnya membuat brand book untuk mendokumentasikan identitas dan style merek Anda. 

10. Berkesinambungan dalam membangun brand awareness

Membangun brand awareness adalah perjalanan berkelanjutan. Teruslah memantau, mengevaluasi, dan meningkatkan strategi Anda seiring berjalannya waktu.

Memiliki brand awareness yang kuat adalah investasi berharga bagi bisnis Anda. Dengan meningkatnya kesadaran merek, pelanggan akan lebih cenderung memilih produk atau layanan Anda, yang pada akhirnya akan meningkatkan profit bisnis Anda. 

Baca juga: Jenis-Jenis Pemasaran Online untuk Tingkatkan Profit

Kelola Produktivitas Bisnis Lebih Efisien dengan Aplikasi Manajemen Karyawan

cta software crm

Dengan langkah-langkah yang tepat dan komitmen, Anda dapat membangun brand awareness yang kuat dan mengarah pada profit yang lebih besar. Selain mencoba tips dan cara tersebut, meningkatkan produktivitas tim juga penting agar berdampak pada kenaikan hasil bisnis.

Untuk mengelola produktivitas tim Anda, Anda dapat mencoba aplikasi bisnis digital Hadirr. Aplikasi ini membantu memantau produktivitas karyawan melalui beragam fitur, seperti absensi online, timesheet, shift kerja, dan Hadirr Sales

Melalui satu platform saja, Anda bisa memantau efektivitas kerja tim Anda dengan baik sehingga produktivitas bisnis secara keseluruhan terjaga. Contohnya, dari fitur Timesheet Online Anda dapat membagi tugas kepada setiap anggota tim untuk menjalankan strategi brand awareness di atas dan memonitor durasi kerjanya. 

Dengan produktivitas bisnis yang lebih baik, tentunya akan meningkatkan profit perusahaan Anda. Gunakan aplikasi Hadirr secara gratis dengan mendaftarkan perusahaan Anda melalui link di bawah ini. 

Aplikasi Absensi Online Hadirr


author-fast-8-Novrisa-Wahyu-Wulandari
Novrisa Wahyu W.
Content Writer at Hadirr

Creative writing & literature enthusiast who starts writing in 2016. Worked with multinational talent headhunter agency.