Kita tahu, saat ini banyak bermunculan bisnis Food & Beverages (F&B) dengan berbagai konsep dan inovasi makanan atau minuman yang unik. Dengan modal yang tidak besar, Anda bisa mendapat keuntungan yang berlipat ganda. Tak heran jika bisnis F&B saat ini menjadi bisnis yang sangat populer di kalangan masyarakat. 

Bisnis F&B mampu menjanjikan keuntungan yang fantastis, jika pemilik usaha dapat menjaga kualitas rasa, layanan, kebersihan, dan manajemen bisnis yang baik. Untuk menjaga kualitas tersebut, struktur organisasi bisnis F&B Service menjadi kunci utama agar bisnis F&B Anda terkesan profesional. 

Sudah tahukah Anda, bagaimana struktur organisasi F&B Service yang baik dan benar? Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas struktur organisasi F&B Service beserta perannya masing-masing.

Namun sebelum itu, mari kita bahas pengertian dari bisnis F&B Service terlebih dahulu.  Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Bisnis F&B Service?

struktur organisasi f&b restaurant
Definisi F&B

Bisnis F&B Service merupakan singkatan dari “Food and Beverage Service,” yang berarti “Layanan Makanan dan Minuman”.

Bisnis Ini mengacu pada sektor yang berkaitan dengan penyediaan makanan dan minuman kepada pelanggan, baik itu dalam industri perhotelan, restoran, kafe, bar, katering, dan tempat-tempat lain yang menyajikan makanan dan minuman. 

Bisnis F&B Service biasanya menjadi bagian dari hotel, pariwisata, catering, serta bisnis sejenisnya. Namun bisnis ini juga bisa berdiri sendiri sebagai restoran, kafe, atau pastry penyedia makanan.

Karena itu bisnis ini sangat bergantung pada kebutuhan pelanggan, serta melibatkan berbagai aspek dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan terkait konsumsi makanan dan minuman. 

Baca Juga: Jitu! Cara Memulai Bisnis F&B yang Menjanjikan

Bagaimana Struktur Organisasi Bisnis F&B Service?

Struktur Organisasi F&B Service dan Perannya
Struktur Organisasi F&B

Setelah memahami apa itu Bisnis F&B Service, selanjutnya ayo kita bahas bagaimana struktur organisasi Bisnis F&B Service yang umumnya digunakan di kalangan masyarakat. 

Struktur organisasi Bisnis F&B Service memang bisa bervariasi, tergantung pada jenis dan ukuran bisnisnya.

Namun, kali ini kita akan memberikan contoh struktur organisasi bisnis F&B Service yang umumnya dipakai oleh banyak kalangan bisnis, baik yang berukuran kecil maupun besar.  

Berikut adalah peran-peran setiap bagian dalam struktur organisasi bisnis F&B Service:

 1. Manajer Umum (General Manager)

Manajer Umum memiliki tanggung jawab atas operasional keseluruhan bisnis F&B. Menentukan strategi, mengawasi keuangan, dan mengambil keputusan strategis. Serta mengelola hubungan dengan pemasok, mitra, dan pelanggan.

Di bawah Manajer Umum terdapat Asisten Manajer Umum yang bertugas membantu manajer umum dan memastikan agar seluruh pekerjaan dapat terlaksana.

2. Chief Steward

Bertanggung jawab dalam melakukan distribusi peralatan masak dan kebutuhan dapur secara keseluruhan, melakukan penyetokan ulang, dan memastikan lingkungan terjamin bagi chef.

Di bawah Chief Steward terdapat supervisor yang mengawasi kinerja staf, dan di bawah supervisor terdapat staf Steward.

3. Pelayanan Pelanggan (Customer Service)

Manajer Customer Service memiliki tugas untuk memastikan staf dapat melakukan pelayanan pelanggan yang baik dan memberikan pengalaman positif kepada pelanggan.

Dibawah Manajer Customer Service terdapat Asisten Manajer Customer Service yang membantu pekerjaan Manajer.

Lalu diikuti Kepala Customer Service yang bertugas mengawasi dan melaporkan pekerjaan Staf. Kemudian di bawah Kepala CS terdapat Staf CS dan Trainees.  

4. Restoran (Restaurant)

Manajer restoran memiliki wewenang untuk mengelola operasional restoran, bertanggung jawab atas inventaris, pemesanan, dan persiapan menu, serta mengawasi staf di restoran.

Dibawah Manajer Restoran terdapat Asisten Manajer yang membantu pekerjaan Manajer. Lalu diikuti oleh Kepala Restoran yang bertanggung jawab mengawasi staf, operasional dapur, persiapan menu, dan kualitas makanan.

Di bawah Kepala Restoran terdapat Waiters dan Trainees yang bertugas menyiapkan makanan. 

5. Manajer Bar 

Manajer bar memiliki tugas mengelola operasional bar dan mengawasi staf di bar. Di bawah Manajer Bar terdapat Asisten Manajer yang bertugas membantu tugas manajer.

Kemudian di bawah asisten manajer terdapat kepala bar yang bertugas mengawasi pekerjaan staf, kemudian dibawah Kepala Bar terdapat Waiters dan Trainees.

6. Banquet 

Manajer Banquet memiliki tanggung jawab atas operasional MICE (meeting, incentive convention, exhibition) dan mengawasi seluruh acara mulai dari persiapan hingga acara.

Di bawah Manajer Banquet terdapat Asisten Manajer yang membantu tugas manajer, kemudian diikuti Kepala Banquet yang mengawasi kegiatan staf, kemudian di bawah kepala Banquet terdapat Waiters dan Trainees 

Baca Juga: Wajib! 7 Aplikasi untuk Restoran Agar Layanan Lebih Efisien

Manajemen Karyawan F&B Lebih Mudah dengan Hadirr

Aplikasi CRM Hadirr
Aplikasi CRM | Hadirr

Manajemen karyawan F&B menjadi kunci utama agar bisnis F&B Anda dapat berjalan dengan lancar. Untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam manajemen karyawan, Aplikasi HRD Hadirr dapat menjadi solusi  yang dapat membantu Anda mengelola karyawan secara lebih efektif dan efisien. 

Hadirr sebagai Software Food and Beverage memiliki fitur absensi online yang akan membantu Anda dalam mengelola absensi karyawan.

Anda dapat memantau absen karyawan hanya dengan melalui ponsel pribadi Anda. Semua data dari awal masuk hingga pulang, beserta lokasi akurat dapat tercatat secara langsung. 

cta struktur organisasi f&b

Aplikasi absensi untuk f&b ini juga memiliki fitur timesheet online yang akan membantu Anda dalam melakukan pencatatan menggunakan lembar kerja dan template yang sudah tersedia. Anda sudah tidak perlu membuat timesheet secara manual dengan Excel lagi sekarang.  

Tak hanya itu, aplikasi manajemen karyawan f&b ini juga memiliki fitur kelola shift kerja, yang akan memudahkan Anda mengatur jadwal shift kerja karyawan.

Anda dapat mengatur jadwal shift dengan adil, tinggal memasukkan data karyawan pada template yang tersedia. Dengan Hadirr, manajemen karyawan f&b service bisa lebih mudah, efektif, dan efisien.  

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Kelola gaji karyawan juga dapat dilakukan dengan lebih mudah melaui Aplikasi payroll online anti ribet Gadjian. Dengan Gadjian, Anda akan dimudahkan dalam menghitung gaji karyawan, mulai dari gaji pokok, tunjangan, pajak PPh 21, dan BPJS dapat dihitung secara otomatis sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Gadjian yang terintegrasi dengan Hadirr akan mentransfer data kehadiran karyawan sebagai data pokok untuk menghitung gaji beserta tunjangan dan potongan. Secara langsung, slip gaji online akan terkirim pada akun masing-masing karyawan dengan rincian yang lengkap.

Dengan Gadjian, pengelolaan karyawan terasa lebih mudah, Anda bisa mengalokasikan waktu berharga Anda untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya. Yuk, daftar Hadirr dan Gadjian klik di bawah ini untuk konsultasi gratis.

Coba Gadjian Sekarang

author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group