Tren industri pada bidang sumber daya manusia atau divisi human resource (HRD) terus berkembang secara dinamis. Para praktisi HR perlu beradaptasi dan belajar terus menerus untuk menavigasi perubahan industri dan memenuhi beragam kebutuhan organisasi.

Salah satu cara mengembangkan keterampilan dan pemahaman karyawan HRD adalah dengan mempelajari buku managing human resources

Buku HR memberikan pemahaman komprehensif terbaik tentang topik-topik HR yang krusial seperti manajemen talenta, budaya organisasi, keterlibatan karyawan, keragaman dan inklusi, serta pengembangan kepemimpinan. Wawasan ini akan berguna untuk menunjang kesuksesan Anda sebagai HR.

Oleh karena itu, Hadirr menghimpun 15 rekomendasi buku HR terbaik untuk para pemula dan profesional HR.

Rekomendasi Buku untuk HR Pemula

Jika Anda baru memulai karier di bidang HR, inilah daftar buku bacaan HR terbaik yang akan membantu Anda untuk memperdalam ilmu HR.

The 9 Faces of HR: A Disruptor’s Guide to Mastering Innovation and Driving Real Change 

Buku The 9 Face of HR

Rating : 4,21 / 5

Buku ini ditulis oleh Kris Dunn, seorang CHRO (Chief Human Resource Officer) dari Kinetix dan blogger dari situs web HR populer “The HR Capitalist”. Dia melakukan pengelompokkan HR ke dalam sembilan profil wajah unik. 

Masing-masing wajah merepresentasikan jalur karier, kecenderungan perilaku, dan permintaan pasar. Hal ini sangat membantu untuk memperjelas peran Anda di perusahaan dan merencanakan jalan menuju kesuksesan di masa depan. 

Melalui buku HR ini, Anda diberi tahu cara terbaik mengubah persona sesuai permintaan pasar. Buku ini akan cocok untuk yang ingin memahami dinamika tim dan mengidentifikasi kekuatan individu sekaligus. 

Bring Your Human to Work

Buku HR Bring Your Human to Work

Rating : 3,71 / 5

Buku karya Erica Keswin ini menawarkan perspektif baru soal kepemimpinan di antara banyaknya buku yang memberikan panduan mendalam dan instruksi khusus mengenai SDM. 

Melalui buku ini, Anda bisa tahu 10 cara praktis merancang tempat kerja yang baik untuk karyawan mulai dari memperlakukan mereka secara “seutuhnya” hingga menciptakan budaya kerja yang kolaboratif. Tipe kepemimpinan ini diharapkan dapat membantu menyatukan karyawan dan menumbuhkan tempat kerja yang berorientasi pada tim.

HR Disrupted: It’s Time for Something Different

Buku HR Disrupted

Rating : 4,16 / 5

Pengelolaan SDM perusahaan dengan cara lama sudah tidak relevan lagi. Melalui buku ini, Lucy Adams menjawab bagaimana cara bertahan di tengah pergolakan dunia bisnis dengan memahami tren, praktik, dan strategi SDM baru yang dapat mendorong perubahan organisasi yang sesungguhnya.

Terdapat tiga pilar utama untuk mencapai perubahan tersebut, di antaranya memperlakukan karyawan sebagai orang dewasa, memperlakukan karyawan sebagai konsumen, dan memperlakukan karyawan sebagai manusia. 

Buku ini cocok untuk yang membutuhkan informasi mengenai apa saja yang perlu HR lakukan untuk menjadi departemen yang modern, efisien, dan kredibel di masa mendatang.

Human Resource Management

Buku HRM

Rating : 3,96 / 5

Buku ini cocok dikatakan “kitab suci” karena akan cocok untuk kamu yang ingin tahu konsep dan taktik dasar manajemen SDM dari A sampai Z. Melalui buku HR ini, Gary Dessler menjelaskan berbagai materi praktis terbaik yang dapat digunakan HR untuk mengelola SDM.

Adapun topik yang dibahas meliputi perekrutan dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, kompensasi, serta hubungan tenaga kerja dan keamanan karyawan. 

Penulis memberikan informasi tentang cara-cara sumber daya manusia direkrut, diberdayakan, dimotivasi, ditegur, dan dipertahankan. Buku ini sangat berguna dalam lingkungan bisnis, terutama untuk HR pemula, namun dapat diadaptasi ke lingkungan nirlaba atau sukarelawan.

Digital HR: A Guide to Technology-Enabled Human Resources

Buku Digital HR

Rating : 3,43 / 5

Buku ini memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai beberapa inovasi terkini yang membentuk dunia HR. Deborah D. Waddill membagikan tips, rekomendasi, dan studi kasus yang menunjukkan bagaimana teknologi digunakan dalam pengelolaan SDM.

Penulis menggunakan lensa untuk menilai SDM Digital di tiga aspek, yaitu manajemen pembelajaran, manajemen bakat, dan manajemen pengetahuan. Secara keseluruhan, buku ini adalah sumber daya dasar yang bagus untuk memandu pemikiran Anda untuk mendekati revolusi SDM digital.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan HRD dan Personalia yang Sering Dikira Sama

Rekomendasi Buku untuk HR Profesional

Sebagai seorang praktisi HR profesional, Anda kerap menghadapi beragam tantangan dalam manajemen SDM perusahaan. Berikut disajikan daftar rekomendasi buku HR terbaik untuk menjadikan Anda seorang profesional HR yang lebih efektif.

The Talent Delusion: Why Data, Not Intuition, Is the Key to Unlocking Human Potential

The Talent Delusion

Rating : 3,92 / 5

Buku yang ditulis oleh Thomas Chamorro-Premuzic ini menjelaskan mengenai perbedaan antara karyawan yang berkinerja biasa dan tinggi. Buku ini membantu Anda memahami apa sebenarnya talenta itu dan bagaimana Anda sebagai HR harus fokus pada manajemen talenta. 

Menurut buku ini, talenta perusahaan tidak mungkin selalu bekerja di level tinggi, sehingga hampir tidak mungkin untuk menilai kemampuan seseorang dalam berkinerja hanya berdasarkan data beberapa minggu atau bulan saja, terutama jika orang tersebut memiliki keinginan yang kuat untuk sukses.

HR Rising!! From Ownership to Leadership

Buku HR Rising

Rating : 4,50 / 5

Melalui buku ini, Steve Browne memberikan pengingat yang bagus tentang mengapa para profesional HR dibutuhkan dan memotivasi pembaca untuk mengejar karier dalam bidang SDM.

Browne memperkenalkan rumus tentang “Orang” ditambah “Proses” sama dengan “Hasil”. Menurutnya, karyawan akan menghasilkan hasil ketika fokus kepemimpinan adalah mengembangkan, memotivasi, dan memberdayakan karyawan. Bukan jabatan yang menentukan kepemimpinan yang luar biasa, melainkan karakter seorang individu. 

Dengan membaca buku ini dan merefleksikan pengalaman kerja Anda, Anda dapat mengenali atribut kepemimpinan yang dapat Anda gunakan untuk mengambil kendali kepemimpinan saat ini.

The Five Languages of Appreciation in the Workplace

The Five Language of Appreciation

Rating : 3,70 / 5

Memberikan apresiasi menjadi faktor penting yang memengaruhi semangat kerja dan keterlibatan karyawan. Buku yang ditulis oleh Gary Chapman dan Paul White ini membahas lima bahasa apresiasi yang dapat membantu Anda menyampaikan rasa terima kasih dengan cara yang tepat kepada karyawan Anda.

Buku yang menjadi salah satu best seller #1 New York Times ini menyajikan metode praktis untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan mendukung.

First, Break All the Rules: What the World’s Greatest Managers Do Differently

First, Break All The Rules

Rating : 3,94 / 5

Buku karangan Marcus Buckingham dan Curt Coffman memberikan wawasan bagaimana mengoptimalkan kinerja tim dengan pendekatan manajerial yang berbeda. Menurut buku ini, manajer hebat memiliki satu ciri yang sama, yaitu berani melanggar aturan konvensional yang berlaku.

Mereka memilih karyawan berdasarkan bakat yang dimiliki, bukan hanya keterampilan atau pengalaman. Mereka fokus pada keunikan dan kekuatan setiap individu, serta mendukung karyawan agar bisa menghasilkan kinerja terbaik.

Start with Why: How Great Leaders Inspire Everyone to Take Action

Start WIth Why

Rating : 4,10 / 5

Menjadi inspirasi untuk salah satu TED Talks yang paling populer, buku karya Simon Sinek ini menjawab beberapa pertanyaan tersulit yang dihadapi tenaga kerja modern. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa beberapa orang memiliki pengaruh lebih besar daripada yang lain, buku ini adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Konsep “Start With Why” digambarkan bagai sebuah Lingkaran Emas yang memiliki tiga bagian, yakni Mengapa, Bagaimana, dan Apa. Anda diajak untuk mempelajari pola berulang kepemimpinan yang didapati dari orang-orang yang menginspirasi, sehingga membentuk dan mengembangkan diri secara perlahan.

Baca Juga: Contoh HR Analytics dan Aplikasi Pendukung

Beyond HR: The New Science of Human Capital

Buku Beyond HR

Rating : 3,72 / 5

Seiring dengan meningkatnya persaingan untuk mendapatkan talenta terbaik, perusahaan harus menyadari bahwa keputusan mengenai talenta dan organisasinya dapat memberikan dampak strategis yang signifikan. Melalui buku ini, Boudreau dan Ramstad mempelopori konsep “Talentship” untuk mendukung pengalokasian talenta perusahaan.

Buku ini menggunakan contoh-contoh dunia nyata dari perusahaan-perusahaan seperti Boeing dan Disney untuk menyoroti peluang-peluang unik dalam akuisisi, retensi, dan pengembangan talenta.

The HR Scorecard: Linking People, Strategy, and Performance

Buku The HR Scorecard

Rating : 3,79 / 5

Buku ini ditulis oleh tiga pakar SDM yang memperkenalkan sistem pengukuran yang efektif untuk menunjukkan pengaruh karyawan pada kinerja bisnis. Penulis melakukan studi pada hampir 3.000 perusahaan dan hasilnya berupa tujuh langkah untuk menerapkan sistem SDM ke dalam strategi perusahaan.

Hal ini dijelaskan sebagai Kartu Skor SDM, yang dapat digunakan manajer dan CEO untuk mengukur aktivitas-aktivitas perusahaan. Buku penting ini menganalisis bagaimana elemen SDM dapat dirancang untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan SDM secara keseluruhan. 

HR from the Outside In: Six Competencies for the Future of Human Resources

Buku HR from the Outside

Rating : 3,94 / 5

Bagaimana cara menjadi HR yang profesional dan apa saja kompetensi yang dibutuhkan? HR Management menjadi topik yang diangkat buku ini. 

Ulrich dan rekan-rekannya membuat daftar kompetensi utama HR profesional modern yang memungkinkan pengembangan kemampuan, menjadi pendukung teknologi, menjadi pemimpin perubahan, dan menjadi inovator SDM.

Effective HR Communication: A Framework for Communicating HR Programmes with Impact

Effective HR Communication

Rating : 4,00 / 5

Buku yang ditulis Debra Corey ini akan cocok untuk mempelajari bagaimana cara mengkomunikasikan program-program HRD kepada karyawan dengan baik. Corey mengenalkan model “IMPACT” untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan langkah-langkah penting yang harus diikuti ketika mengembangkan kampanye komunikasi.

Dengan menggunakan kombinasi teori, contoh, tips dan alat bantu dari para ahli terkemuka, buku ini memberikan informasi praktis yang dapat dengan mudah digunakan untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan berdampak.

Putting The Human Back Into HR: Success as an HR professional begins with

Buku Human HR

Rating : 4,22 / 5

Su Patel menghabiskan 27 tahun di bidang SDM di sebuah perusahaan ritel di Inggris dan sekarang menjalankan perusahaan pelatihan dan konsultasi SDM. 

Buku ini memberikan saran praktis untuk menjaga keseimbangan antara fokus Anda dalam memenuhi kebutuhan karyawan dan menciptakan nilai bagi bisnis sambil tetap menangani semua aspek kebijakan dan proses SDM.

Patel menawarkan wawasan tentang bagaimana menjadi mitra yang dihargai dan dihormati yang dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang diinginkan. Buku ini mencakup lima bidang (kemitraan, proses, produktivitas, kinerja, kemajuan) yang harus dikuasai oleh para profesional SDM untuk menjadi yang paling efektif.

Baca Juga: Dear HR, 7 Cara Membuat Karyawan Lebih Produktif

Aplikasi HRD Berbasik Web Terbaik di Indonesia

cta aplikasi sales

Menantang diri untuk belajar secara konsisten sangat penting untuk menjadi seorang HR profesional. Membaca buku tentang HR adalah salah satu cara terbaik untuk mencapainya. 

Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk membaca karena terlalu sibuk dengan pekerjaan HRD yang monoton, maka solusinya adalah mengotomatisasi pekerjaan-pekerjaan Anda menggunakan aplikasi HRIS berbasis web seperti Hadirr dan Gadjian.

Hadirr menjadi solusi praktis dalam mengelola kehadiran hingga shift kerja karyawan secara real-time dan akurat. Aplikasi absensi online berbasis web ini didukung teknologi anti fake GPS sehingga meningkatkan disiplin kehadiran karyawan.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Sementara aplikasi HRIS Gadjian menawarkan banyak fitur yang mengefisiensi pekerjaan administrasi HR, di antaranya perhitungan dan pengelolaan gaji, lembur, cuti, izin, BPJS dan pajak penghasilan 21. Gadjian juga memudahkan pengelolaan proses rekrutmen karyawan.

Otomatisasi pekerjaan rutin akan menghemat banyak waktu Anda, sehingga bisa digunakan untuk membangun pengetahuan, menghasilkan ide-ide baru, dan mengikuti perkembangan bidang SDM yang terus berkembang yang akan menempatkan Anda pada posisi yang lebih baik untuk memajukan karier Anda.

Coba Gadjian Sekarang
author_hadirr_yosie
Yosie Rizkha A.
Content Writer at Fast-8 Group

Freelance content writer on HR and people management topics.