masalah sales

5 Masalah Sales yang Membuat Target Gagal Tercapai

Masalah sales yang membuat target gagal tercapai – Pekerjaan sebagai sales seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang. Hal itu berdampak pada pemikiran orang-orang yang ingin mencoba pekerjaan ini. Mereka menganggap ini adalah pekerjaan mudah dan tidak perlu kemampuan khusus.

Seorang sales sejatinya memiliki peran yang penting bagi perusahaan. Terutama dalam hal mengenalkan serta memasarkan produk yang ditawarkan oleh kantor tempatnya bekerja. Keberhasilannya dalam meningkatkan penjualan, akan berdampak pada kemajuan perusahaan.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menguasai teknik penjualan yang baik dan benar.

Kriteria Target Sales

masalah sales

Agar Anda tidak mengalami masalah sales yang umum terjadi, mari kita kenali apa saja kriteria target sales yang perlu Anda pahami. Setidaknya ada 5 kriteria target sales yang sebaiknya Anda pelajari dan terapkan, yaitu:

Baca Juga: Strategi Mencapai Target Penjualan dan Negosiasi Sales

Spesifik dan dapat dicapai

Ketika menentukan target sales, sebaiknya kita membuat perencanaan yang spesifik dan realistis. Sebab itu akan berpengaruh pada kinerja tim sales. Dengan target yang jelas dan spesifik, mereka akan lebih mudah untuk menawarkan barang atau jasa milik perusahaan kepada konsumen.

Kita pun perlu mempertimbangkan sisi realistis sebuah pencapaian. Sebab biasanya bagian penjualan akan meningkatkan target pencapaian dari yang telah ditentukan. Itu mereka lakukan untuk membangkitkan semangat dan sebagai antisipasi jika terdapat potensi target penjualan tidak tercapai.

Sesuai kondisi pasar

Setiap bisnis tentu memiliki pasarnya masing-masing. Maka dari itu, saat merencanakan penjualan yang harus dicapai, kita juga perlu melihat pada pasar yang kita bidik.

Menyesuaikan target pencapaian dengan kondisi pasar akan membuat peluang terjadinya penjualan semakin besar. Karena kita dapat memberikan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Reward yang menarik

Mencapai angka penjualan tertentu tidak hanya berfokus pada jumlah produk yang terjual. Tapi juga memperhatikan bagaimana agar tim penjualan bersemangat dalam menawarkan produk kepada calon pelanggan.

Adanya sistem reward yang menarik, dapat membangkitkan semangat tim dalam mencapai target. Mereka akan lebih giat melakukan pemasaran agar mendapat reward yang dijanjikan dan tentunya peningkatan pendapatan bagi perusahaan.

Kerjasama tim yang baik

Keberhasilan dalam mencapai target penjualan tidak hanya dilakukan satu orang. Akan tetapi secara bersama-sama dalam satu tim. Sehingga diperlukan kerjasama dan saling support antar anggota tim demi mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan penjualan dan target yang ingin diraih oleh perusahaan.

Cara Menentukan Target Sales

masalah sales

Kriteria target sales di atas dapat menjadi gambaran bagi Anda dalam membuat target penjualan. Sehingga dapat meminimalisir target penjualan tidak tercapai. Untuk itu berikut kami berikan cara membuat target sales yang dapat meningkat revenue perusahaan Anda, diantaranya:

Spesifik

Buatlah target yang jelas dan spesifik. Maksudnya Anda tidak hanya memberikan arahan kepada tim untuk meningkatkan penjualan, tapi juga menyebutkan tujuan mendasar yang ingin dicapai. Sebagai contoh Anda ingin perusahaan memiliki 100.000 pelanggan dalam satu periode tertentu. Bisa juga dengan menargetkan 1.000 penjualan dalam kurun waktu 6 bulan.

Target yang jelas dan spesifik akan membantu sales menentukan strategi penjualan, dan berusaha mencapai target sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Baca Juga: Cara Manager Motivasi Sales Team untuk Capai Target

Terukur

Selain membuat target yang spesifik, Anda juga perlu memastikan bahwa target yang diinginkan dapat diukur. Artinya ketika target tersebut dijalankan, perusahaan dapat melihat tingkat keberhasilan penjualan.

Misalnya perusahaan Anda ingin meningkatkan pendapatan hingga 200%, karena sebelumnya telah berhasil mencapai 100% pendapatan dari hasil penjualan. Apabila sebelumnya target dapat diraih dengan 1000 produk terjual, maka di periode selanjutnya harus ada 2000 penjualan yang dihasilkan.

Dapat dicapai

Bicara soal target artinya ada sesuatu yang perlu dicapai dalam jangka waktu tertentu. Kita sebagai pemilik bisnis mungkin saja membuat target pencapaian yang tinggi, namun kita juga harus memastikan target tersebut dapat dicapai oleh tim sales.

Target sales yang terlalu tinggi bisa menjadi salah satu alasan sales tidak capai target. Apalagi jika produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan pasar, belum begitu dikenal masyarakat dan memiliki harga yang kurang ekonomis.

Realistis

Perusahaan tentunya ingin peningkatan penjualan yang signifikan. Hal tersebut dapat dicapai jika target yang harus dipenuhi oleh sales juga realistis. Maksudnya pencapaian yang ditentukan perusahaan harus dalam batasan wajar.

Salah satunya produk atau jasa yang ditawarkan tidak hanya menjawab permasalahan konsumen, tapi juga memberikan keuntungan lebih yang membuat mereka dengan senang hati melakukan pembelian.

Jangka waktu

Setelah menentukan target sales berdasarkan kriteria di atas, Anda perlu membatasinya dengan waktu pencapaian. Sehingga Anda bisa segera memastikan target tercapai sesuai keinginan Anda atau tidak. Sebagai contoh, ketika Anda ingin memberikan bonus kepada karyawan, Anda memberikannya target penjualan 100 produk dalam waktu sebulan.

Ketika waktu yang diberikan telah mencapai satu bulan, Anda dapat melihat langsung apakah karyawan tersebut berhasil mencapai target atau tidak.

Masalah Sales yang Membuat Target Gagal Tercapai

cta sales manager

Ada beberapa masalah sales yang umum terjadi, hal-hal ini membuat mereka seringkali sulit untuk mencapai target penjualan. Berikut kami paparkan untuk Anda agar dapat menghindarinya.

Tidak memahami produk

Penjualan bukan hanya soal menawarkan kepada pengguna, tapi juga menjelaskan bagaimana produk tersebut berguna bagi mereka, sehingga mereka akan lebih tertarik dan merasa butuh dengan produk tersebut. Tidak menguasai produk knowledge dengan baik seringkali jadi penyebab sales gagal melakukan penjualan.

Tidak memahami konsumen

Menawarkan produk ke semua orang, tidak menjamin penjualan akan terjadi. Maka diperlukan pemahaman akan target market yang benar. Dengan begitu Anda dapat memastikan siapa calon pelanggan Anda, dan dapat memberikannya rekomendasi produk sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut.

Tidak bisa menentukan prioritas

Memiliki manajemen waktu yang buruk dan tidak bisa menentukan prioritas, akan membuat salesperson kesulitan untuk mencapai target penjualan. Hal itu tidak hanya berdampak bagi perusahaan, tapi juga dirinya sendiri karena telah melewatkan kesempatan penting.

Tidak membangun hubungan baik

Sebagai perpanjangan tangan perusahaan ke konsumen, kita juga perlu membangun hubungan baik dengan mereka. Apabila tidak memiliki hubungan yang kuat dengan pelanggan, maka Anda bukan hanya kesulitan untuk mendapatkan pelanggan baru, Anda pun tidak dapat mempertahankan pelanggan lama.

Tidak melakukan evaluasi

Masalah sales yang sering terjadi adalah hanya fokus pada penjualan, tapi tidak melakukan evaluasi. Padahal itu sangat penting untuk melakukan berbagai peningkatan seperti pada skill pemasaran, kompetensi dan kemampuan tenaga sales dalam menawarkan produk kepada pelanggan.

Pantau Aktivitas Sales Lapangan Pakai Hadirr App

aplikasi sales canvassing

Semua kesalahan sales tersebut bisa Anda atasi dengan mudah menggunakan aplikasi yang disediakan oleh Hadirr. Melalui Hadirr sales Anda dapat merencanakan strategi pemasaran dengan lebih baik, melakukan kolaborasi tim, dan memonitor aktivitas sales.

Aplikasi untuk salesman, Hadirr memiliki fitur sales visit juga memudahkan Anda dalam hal membuat laporan secara otomatis, merekam aktivitas lapangan secara real-time hingga membantu perusahaan untuk menilai kinerja tenaga penjualan.

Untuk melihat kinerja tenaga pemasaran, Anda bisa menggunakan absensi sales untuk penilaian kinerja sales. Sistem sudah dilengkapi fitur pelacakan berdasarkan GPS dan validasi dengan teknologi face recognition.

Waktunya tingkatkan kinerja dan menjadi tim sales terbaik di perusahaan. Dengan menghindari kesalahan sales yang sering terjadi, Anda akan memiliki performa terbaik dalam mencapai target sales, dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Letter

* You will receive the latest news and updates

Categories