Pengertian Aplikasi Warehouse

Sebelum kita bahas mengenai cara mengoptimalkan sistem pergudangan. Yuk, kita kenalan dulu sama apa itu aplikasi WMS. 

Aplikasi warehouse management system adalah suatu sistem yang dikhususkan untuk membantu dalam pengelolaan gudang atau sistem manajemen gudang. 

Dengan begitu, kamu dapat memonitor  aktivitas pergudangan hanya melalui platform di dalam smartphone.

Mulai dari, proses inbound (barang masuk) hingga outbound (barang keluar) tercatat di dalam satu platform.

Karena tugas utamanya mengawasi dan memantau pergerakan barang di gudang, WMS juga didukung dengan pemindaian menggunakan barcode, batch number ataupun serial number.

Tips Kelola Gudang Menggunakan Aplikasi WMS

Dengan mengawasi gudang yang tepat akan berpengaruh terhadap cara kamu untuk memaksimalkan penjualan usaha, karena berhubungan dengan persediaan barang.

Nah, agar manajemen gudang ini dapat berjalan dengan baik dan tepat, kamu memerlukan beberapa cara dalam penerapan sistem WMS lebih optimal. Berikut ini cara optimalkan manajemen pergudangan.

1. Mengontrol Inventory Barang

Biasanya nih pebisnis sering banget mengalami yang namanya kehabisan stok barang di gudang apalagi kalau penjualannya lagi banyak.

Nah, untuk menghindari kejadian overselling tersebut, ternyata kamu mesti harus pintar-pintar mengontrol persediaan barang di gudang.

Dengan aplikasi WMS, kamu dapat merencanakan pengisian barang kembali secara akurat dan meminimalisir stok habis dengan mengatur stok cadangan.

Tips mudahnya, kamu bisa memakai sistem manajemen gudang yang menyediakan fasilitas kontrol inventory secara penuh dan semuanya bisa dilakukan menggunakan scan barcode.

Baca juga: Cara Membuat Absensi Barcode untuk Mempermudah Manajemen SDM

2. Melacak Barang Masuk dan Keluar dari Gudang

Kamu tahu nggak ternyata kontrol setiap barang masuk dan keluar yang tidak optimal bisa menyebabkan pencatatan pengiriman dan penerimaan barang menjadi tidak sesuai. Dan pastinya masalah itu akan berdampak terhadap persediaan barang kamu di gudang.

Supaya memudahkan kamu, di aplikasi warehouse management system telah menyediakan fitur pelacakan barang masuk dan barang keluar yang akurat melalui serial number dan batch number, maka dari itu kamu cukup melakukan scan barcode saja..

3. Pisahkan Barang Baru dan Barang Lama

Kamu bisa memisahkan antara stok barang baru dengan barang lama. Apalagi jika kamu punya produk yang memiliki jangka waktu (kedaluwarsa).

Karena kalau tidak dipisahkan nantinya bisa membuat kamu merasa bingung dan malah mencampur barang baru dengan yang lama di satu tempat.

Dengan memisahkan keduanya kamu jadi tahu sisa dari stok barang lama atau yang mendekati expired untuk dijual.

4. Lakukan Penyesuaian Stok Barang Gudang

Apakah di gudang kamu pernah mengalami perbedaan jumlah stok yang mungkin saja disebabkan adanya barang hilang, rusak, atau bahkan expired?

Caranya mudah, kamu dapat menerapkan sistem gudang untuk membantu kamu dalam melakukan penyesuaian stok barang sehingga meminimalisir kejadian selisih barang.

Jika kamu memutuskan untuk memakai sistem manajemen gudang, pastikan kalau sistem tersebut punya fitur penyesuaian stok dan opname ya.

5. Membuat Tata Letak Lebih Optimal

Kebanyakan pebisnis belum membuat layout gudang yang efisien sehingga menghambat laju keluar masuknya barang dan berdampak ke pelayanan yang terganggu.

Tapi tenang, kamu dapat membuat tata letak gudang secara visual, mulai dari lantai, baris, kolom, dan rak agar penempatan barang tertata dengan teratur.

Adanya fitur ini juga sangat membantu staff gudang kamu saat mereka mencari dan mengambil barang di gudang,bahkan memudahkan saat mengidentifikasi letak barang saat mereka melakukan stock opname gudang.

Baca Juga: Panduan Lengkap Manajemen Shift Kerja dan Regulasinya

Contoh Aplikasi Warehouse Management System Gratis!

Jika kamu ingin mencari aplikasi warehouse management system Indonesia, kamu bisa gunakan ada Jubelio WMS yang menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengelolaan gudang.

Dengan software WMS ini, kamumendapatkan visibilitas penuh pada operasional gudang, misalnya mengetahui stok barang di semua rak lalu lacak barang masuk dan keluar.

Kamu juga bisa mengetahui status saat proses penempatan, pengambilan barang, pengemasan, sampai pengiriman barang (putway, pick, pack, and ship)

Buat kamu yang jualan secara online dan offline, Jubelio WMS dapat membantu kamu atur stok barang baik untuk toko online maupun offlinemu.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi gudang gratis dari Jubelio, karena sudah termasuk ke dalam sistem omnichannel.Penasaran? Cek selengkapnya disini ya!

*Artikel ini hasil kerja sama Jubelio dan Hadirr

author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group