Beberapa daerah yang menurut pemerintah sudah siap melakukan penerapan skenario new normal adalah DKI Jakarta. Ditandai dengan Anies Baswedan yang memberlakukan masa transisi PSBB agar masyarakat mulai beradaptasi dengan aktivitas baru. Diperlukan kesiapan dari para pelaku usaha untuk menjalani aktivitas new normal tersebut, karena kita ketahui bahwa hampir tiga bulan rata-rata pelaku usaha memberikan kebijakan kepada karyawannya untuk bekerja di rumah atau disebut work from home

Baca Juga: Template Buku Panduan Karyawan untuk New Normal

Salah satu hal yang dapat dilakukan pelaku usaha disaat-saat seperti ini adalah memastikan bahwa penerapan new normal di lingkungan kerja tetap mengedepankan kesehatan dan keamanan karyawan. 

Adanya pandemi Covid-19 peralatan berbasis teknologi touchless sangat diminati. Hal itu dikarenakan tuntutan bahwa para pelaku usaha harus tetap dapat meningkatkan produktivitas dan secara bersamaan harus dapat mengurangi kekhawatiran karyawan akan terinfeksi virus. Teknologi touchless membuat kita dapat menyentuh benda dengan seminim mungkin. Perubahan yang terjadi saat ini telah mengubah pola pikir kita mengenai kesehatan, namun hal tersebut memberikan dampak baik kedepannya. 

Oleh karena itu pasti kedepannya kehadiran di suatu perusahaan akan mengalami perubahan. Ditandai dengan mulai menggunakannya absensi selfie dengan teknologi pengenalan wajah (face recognition) yang bersifat touchless karena hal itu dirasa lebih aman dibanding menggunakan sistem absensi yang menyentuh secara langsung. 

Salah satu teknologi touchless yang dapat digunakan untuk para pelaku usaha adalah Hadirr, aplikasi absensi online berbasis cloud. Karyawan hanya perlu melakukan absensi dengan cara selfie di perangkat handphone masing-masing. Sistem pencatatan absensi dilengkapi dengan teknologi Global Positioning System (GPS) untuk mengetahui lokasi tempat absensi karyawan. Serta dilengkapi dengan teknologi face recognition yang akan mencocokkan foto selfie karyawan saat clock in dengan data karyawan yang sudah tersimpan sebelumnya.

Baca Juga: Masuki New Normal, Gadjian Luncurkan Asuransi COVID 19 Harga Terjangkau

Hadirr dapat mengakomodasi apabila 50% karyawan Anda bekerja secara work from home (WFH), sehingga perusahaan tetap dapat memonitor karyawan di kantor maupun di rumah.  Selain itu, karyawan juga bisa membuat daftar pekerjaan dengan fitur timesheet di aplikasi sehingga memudahkan perusahaan dalam memantau manajemen waktu mereka. Jika bisnis Anda ingin tetap bertahan dalam jangka panjang serta tetap produktif selama krisis ini maupun setelah krisis selesai, maka dengan menggunakan Hadirr merupakan solusi yang tepat.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Writer: Diyan Faranayli