5 Tips Sukses Bisnis Franchise

Anda ingin punya bisnis franchise tapi takut gagal? Saat Anda memutuskan mengambil langkah untuk membuka bisnis franchise, Anda tentu harus siap untuk menguji keterampilan berbisnis Anda agar sukses. 

Seperti pemilik bisnis franchise yang sukses lainnya, memiliki bisnis yang berhubungan dengan banyak perusahaan mitra tentu membutuhkan keterampilan bisnis yang kompleks. 

Karena itu, penting untuk Anda mengetahui tips sukses bisnis franchise dan cara membangun sistem pendukung yang kuat agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Tips Sukses Bisnis Franchise

Baca juga: 3 Contoh Slip Gaji Karyawan

Lalu apa saja kiat  untuk menjadi seorang franchise yang sukses? Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar bisnis franchise Anda sukses:

1. Memahami bisnis franchisor

Tips sukses bisnis franchise pertama yang perlu Anda lakukan agar bisnis franchise Anda sukses ialah memahami bisnis franchise itu sendiri.

Pelajari sebanyak mungkin tentang bisnis franchisor, termasuk produk dan layanan yang ditawarkan.

Hal ini berguna untuk memudahkan Anda agar memahami gambaran situasi  dan prospek perusahaan yang akan Anda kembangkan nantinya. 

Tak hanya itu, Anda juga perlu memahami bagaimana sejarah, visi, misi, serta bagaimana bisnis tersebut beroperasi.

Hal ini menjadi penting karena bagi pelaku bisnis, memahami sejarah, visi, misi, serta bagaimana bisnis beroperasi merupakan sebuah bentuk perkenalan yang dilakukan secara profesional sebelum nantinya akan terjun dalam bidang perusahaan yang akan Anda jalankan.

2. Memahami karakteristik pasar lokal

Anda harus mempelajari karakteristik pasar lokal dan bagaimana bisnis franchisor dapat diadaptasikan dengan lingkungan pasar tersebut.

Contoh: sertifikasi halal diperlukan di negara dengan penduduk mayoritas Muslim seperti Indonesia. 

Dengan memahami karakteristik pasar lokal, Anda akan lebih mudah dalam mengelola dan menempatkan bisnis franchise Anda sesuai dengan target market Anda.

Selain itu dengan keterampilan ini Anda bisa lebih mengenali siapa konsumen Anda dan bagaimana persepsi konsumen Anda terhadap produk yang Anda jual.

3. Berkomunikasi dengan franchisor

Cara mengelola bisnis franchise selanjutnya adalah Anda harus memastikan untuk mempertahankan hubungan yang baik dengan franchisor.

Caranya dengan menjalin komunikasi yang terbuka. Kemampuan berkomunikasi tentu hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. 

Komunikasi searah dengan franchisor bertujuan untuk  memberikan informasi (informing), memberikan persuasi (persuading), dan melakukan kerja sama (collaborating).

Komunikasi yang dijalin baik dengan franchisor juga akan membantu Anda untuk mengurus pembagian keuntungan franchise. 

Dalam setiap komunikasi yang dilakukan akan terjalin kecocokan dan membangun hubungan menjadi saling percaya antara kedua belah pihak.

Agar bisnis franchise Anda sukses, Anda diharuskan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan cara berkomunikasi secara terbuka dan dapat diandalkan.

Dengan ini, kerja sama akan terasa lebih mudah dan hubungan akan terjalin lebih baik.  

4. Menyediakan pelatihan yang baik

Langkah keempat yang juga tak kalah penting adalah dengan menyediakan pelatihan yang baik.

Pelatihan yang baik tentu dapat menjadi investasi jangka panjang bagi perusahaan franchise Anda.

Baiknya arahkan staf yang memiliki keterampilan dan motivasi dengan tepat dan berikan pelatihan yang baik untuk memastikan mereka memahami produk dan layanan franchisor

Tak hanya meningkatkan produktivitas, pelatihan juga dapat mendekatkan karyawan dengan tren dan perkembangan terbaru dalam pelaksanaan bisnis franchise

Pelatihan yang baik serta didukung dengan kemudahan dalam mengurus segala keperluan kehadiran karyawan juga dapat menjadi dorongan agar kinerja staf semakin meningkat.

5. Menjaga standar franchisor

Tips sukses bisnis franchise yang terakhir adalah dengan menjaga standar franchisor.

Pastikan untuk mematuhi semua standar dan prosedur yang ditentukan oleh franchisor, karena ini sangat penting untuk mempertahankan integritas bisnis. 

Standarisasi dalam bisnis franchise ini penting untuk menjaga kualitas produk agar sama dengan cabang-cabang lain dan tetap sesuai dengan SOP yang berlaku. 

Bayangkan jika salah satu cabang bisnis franchise Anda dinilai kurang baik karena memiliki pelayan yang tidak ramah atau produk yang kurang sesuai dengan cabang lain?

Pasti akan memberikan citra yang buruk bagi perusahaan. Karena itu, Anda perlu memperhatikan konsistensi dan menjaga standar operasional agar bisnis franchise anda sukses.

Menjadi seorang franchisee yang sukses membutuhkan usaha yang keras, keterampilan manajemen yang baik, dan komitmen.

Tentunya untuk memastikan bisnis beroperasi secara efisien dan memperoleh keuntungan. 

Baca juga: 9 cara Mengelola Usaha Franchise Agar Makin Untung

Beberapa hal diatas dapat menjadi acuan untuk Anda dalam menjalankan bisnis franchise. Anda juga harus memperhatikan banyak hal termasuk kebutuhan karyawan perihal penggajian dan kehadiran. 

Tingkatkan Omset Franchise dengan Efisiensi Budget

cta skema komisi sales

Baca juga: Jenis Shift Kerja yang Sesuai dengan Perusahaan Anda

Untuk masalah royalty fee franchise serta penggajian dan tunjangan pegawai Anda, sekarang dimudahkan dengan aplikasi Gadjian.

Gadjian memiliki Fitur hitung gaji, bonus, tunjangan karyawan outlet franchise yang dapat membantu Anda menghitung gaji karyawan beserta tunjangan dan potongan.  

Ada banyak fitur-fitur lain yang juga dapat membantu Anda mengurus segala keperluan karyawan.

Seperti Fitur kelola rekrutmen karyawan, fitur ini akan membantu Anda dalam proses rekrutmen, sehingga proses rekrutmen akan terasa lebih mudah. Yuk, beralih ke aplikasi Gadjian! 

Coba Gadjian Sekarang

Tak hanya itu, sekarang mencatat keperluan absensi, lembur, dan shift karyawan juga dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Hadirr.

Hadirr memiliki Fitur absensi digital karyawan yang dapat membantu Anda dan karyawan dalam mencatat kehadiran hanya dengan melakukan selfie dari handphone. 

Hadirr juga dilengkapi dengan Fitur kelola lembur, dan kelola pembagian shift kerja yang dapat mengelola aktivitas lembur dan shift kerja karyawan Anda.

Sekarang Anda dapat melakukan segala keperluan yang berhubungan dengan karyawan Anda hanya dengan mengunduh aplikasi Hadirr.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Tingkatkan omset bisnis franchise Anda dengan beralih menggunakan kedua aplikasi di atas. Anda bisa mengoptimalkan kinerja SDM atau karyawan yang jumlahnya terbatas.

Yuk, coba gratis Gadjian & Hadirr sekarang juga! 

author-fast-8-aulia-arifka
Aulia Arifka
Content Writer at Hadirr

Content writer who loves people and people management topics.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Letter

* You will receive the latest news and updates

Categories