Banyak perusahaan yang sudah mencoba berbagai langkah untuk bertahan di masa pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung hampir 3 bulan di Indonesia, salah satunya dengan mengurangi pengeluaran. Masuknya bulan Ramadhan, membuat perusahaan dilema dan harus putar otak dalam mencari solusi membayar THR karyawan saat masa sulit ini.

Para karyawan work from home tentu juga ikut khawatir mengenai pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang akan diberikan oleh perusahaan. Pemerintah pun merespon kekhawatiran tersebut dengan mengumumkan bahwa perusahaan harus tetap membayarkan THR kepada karyawan. Namun tidak dapat dipungkiri, kekhawatiran tersebut tetap muncul di kalangan karyawan. Hal ini dipicu dengan adanya kasus 114 ribu perusahaan pada bulan April telah melakukan PHK dan merumahkan hampir dua juta orang karyawannya. Keputusan perusahaan tersebut diduga akibat perusahaan kesulitan untuk membiayai pengeluaran operasional. 

Baca Juga: Tantangan yang Sering Dihadapi Selama Work From Home

Per tanggal 6 Mei 2020 Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah merilis Surat Edaran (SE) Nomor M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan tahun 2020 di Perusahaan dalam Masa Pandemi COVID-19, isinya mencakup:

  1. Bahwa perusahaan harus tetap membayarkan THR kepada karyawan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, 
  2. Jika perusahaan tidak mampu membayar secara penuh pada waktu yang ditentukan maka bisa dilakukan secara bertahap, 
  3. Atau jika perusahaan sama sekali tidak dapat memberikan hingga waktu yang tidak ditentukan maka perusahaan dapat menunda pemberian THR.

Selama kebijakan yang diberikan ini disetujui oleh kedua belah pihak maka tidak menyalahi aturan. Fenomena ini menginisiasi platform employee benefit bernama Benefide bersama dengan salah satu partner-nya, Koinworks, untuk membuat program Koin Gaji-THR dalam membantu para pelaku usaha terutama UMKM di Indonesia. Koin Gaji-THR adalah sebuah program pendanaan THR yang bertujuan untuk membantu para pelaku usaha yang terkena dampak COVID-19.

Poster Infografis Dana Talangan THR Karyawan di Masa Pandemi COVID-19

Perusahaan tetap bisa membayarkan THR karyawan tepat waktu karena cara pengajuannya yang cukup mudah. Langkah pertama mengikuti program Koin Gaji-THR yaitu dengan memberikan reroute invoices terutang dari perusahaan klien. Selanjutnya Koinworks segera melakukan analisa resiko perusahaan yang mengajukan dan perusahaan yang berhutang. Hanya dalam waktu 5 hari kerja dana akan dicairkan dan langsung dikirimkan kepada karyawan.

Benefide

Benefide merupakan sebuah platform employee benefit yang menawarkan berbagai macam jenis benefit kepada karyawan. Program-program benefit yang bisa diberikan oleh perusahaan melalui Benefide, yaitu pinjaman karyawan, asuransi, dan wellness program. Koinworks sebagai partner tidak hanya memberikan benefit kepada perusahaan berupa pendanaan THR, tetapi juga memberikan benefit pinjaman karyawan dengan bunga yang sangat rendah, yaitu 1% – 1,25% per bulan. 

Baca Juga: 5 Jenis Aplikasi Penting untuk Work From Home (WFH)

Akses platform employee benefit, Benefide, perusahaan harus terlebih dahulu menjadi pengguna aplikasi Gadjian. Kemudian, perusahaan melakukan pendaftaran ke KoinWorks melalui website Benefide. Setelah pendaftaran tersebut disetujui maka perusahaan dapat memperoleh benefit yang ditawarkan, salah satunya program Pendanaan THR Karyawan, Koin Gaji-THR.

Coba Gadjian Sekarang