Pandemi berujung resesi tidak terelakkan pada beberapa negara. Dampak sosial ekonomi global sangat nyata dengan adanya krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19. Secara umum resesi adalah kondisi pertumbuhan ekonomi suatu negara negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun. Singapura tengah mengalami resesi sehingga perlu diwaspadai ancamannya bagi Indonesia. Apa dampak resesi dan bagaimana antisipasinya bagi perusahaan Anda?

Baca Juga: Penerapan Online Work From Home Secara Permanen di Beberapa Perusahaan

Fakta seputar resesi Singapura adalah pada kuartal II tahun 2020 ekonomi negara tersebut terkontraksi hingga 41,2 persen akibat pandemi virus corona. Dampak resesi yang paling serius bagi Indonesia adalah dari segi investasi. Menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Singapura adalah salah satu dari top investor bagi Indonesia. Pada kuartal I tahun 2020 tercatat investasi asing dari Singapura sebesar 2,7 miliar dollar AS atau 40 persen dari total Penanaman Modal Asing (PMA). Volume perdagangan antar negara juga disinyalir turun akibat resesi Singapura.

Cegah resesi ekonomi Indonesia, Presiden Joko Widodo memberlakukan kebijakan “gas dan rem” pada penanganan pandemi di Indonesia. Pelonggaran PSBB diharapkan mengembalikan aktivitas sosial ekonomi yang dorman sehingga perekonomian pada kuartal III tahun 2020 meningkat. Bisnis Anda pun dapat beroperasi “normal” kembali dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Antisipasi bagi perusahaan Anda adalah efisiensi menggunakan solusi digital new normal dan operasional yang mengacu pada panduan new normal.

Baca Juga: Berikut 5 Solusi Digital New Normal untuk Para Pengusaha

Pencegahan dini terhadap resesi dapat dimulai dengan efisiensi biaya dan operasional menggunakan Human Resource Information System (HRIS) atau software HR. Gadjian payroll system membantu perusahaan Anda supaya lebih efisien dalam mengelola karyawan dan efektif secara operasional. Gadjian memudahkan Anda untuk mulai dari menghitung gaji, menghitung PPh 21 dan BPJS karyawan, sampai membayar gaji. Terkoneksi dengan aplikasi absensi Hadirr, secara otomatis data kehadiran karyawan dan tunjangan berdasarkan kehadiran dapat dihitung dalam sistem HR Gadjian. Efisiensi akibat pandemi sangat memungkinkan dengan Gadjian.

Coba Gadjian Sekarang

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: Haunina K. Sari