Langkah pemerintah dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19, salah satunya dengan melakukan perubahan cuti bersama tahun 2020. Perubahan ini akan mengubah Keputusan Bersama Kementerian Agama (Kemenag), Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker), dan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Nomor 174 Tahun 2020, Nomor 01 Tahun 2020 dan Nomor 01 Tahun 2020.

Revisi Cuti Bersama Tahun 2020
Revisi Cuti Bersama Tahun 2020 | Hadirr

Perubahan terkait penyesuaian terhadap tanggal-tanggal Libur Nasional dan Cuti Bersama ini dituangkan pada SKB Nomor 391 Tahun 2020, Nomor 02 Tahun 2020 dan Nomor 02 Tahun 2020 dengan detail sebagai di bawah ini:

A. HARI LIBUR NASIONAL TAHUN 2020

Kalender Cuti Bersama 2020

Baca Juga: Aplikasi Pendukung untuk Work From Work (WFH)

B. CUTI BERSAMA TAHUN 2020

Kalender Cuti Bersama 2020

Dengan adanya perubahan tersebut serta disusul dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020, diharapkan agar seluruh masyarakat senantiasa taat terhadap ketentuan yang ada untuk menekan penyebaran virus corona di Indonesia. 

Adanya penyesuaian terhadap penanggalan hari Libur Nasional maupun Cuti Bersama tahun 2020, para praktisi HR tentunya perlu melakukan penyesuaian terkait perhitungan update jatah cuti karyawan, terutama bagi perusahaan dengan kebijakan bahwa cuti bersama dapat mengurangi hak cuti tahunan karyawan. Kasus di beberapa perusahaan terkait pengurangan cuti bersama dari hak cuti tahunan, karyawan bisa dirugikan jika terlanjur mengajukan izin cuti tahunan di hari-hari yang sekarang telah ditetapkan menjadi cuti bersama. Fitur pengelolaan cuti pada HR Software Gadjian dapat menjadi solusi untuk dua permasalahan ini. Pengelolaan cuti online dapat membantu karyawan merencanakan cuti dengan lebih baik, sekaligus membantu HR untuk mengelola dan mensosialisasikan peraturan cuti kepada karyawan.

Kalender Cuti Bersama 2020

Menu kalender perusahaan yang terdapat pada HR Software Gadjian juga dapat di-custom untuk mengakomodir / menyesuaikan hari libur atau event perusahaan lain, sehingga para HR dapat menyesuaikan kalender sesuai dengan kebijakan yang berlaku di perusahaan. 

Coba Gadjian Sekarang