Alih-alih menerapkan new normal, pemerintah Jakarta sesuai Kebijakan Anies Baswedan terapkan PSBB Transisi sampai akhir bulan Juni. Pertimbangan berlakunya PSBB transisi dilakukan karena penambahan kasus positif di Jakarta masih termasuk yang tertinggi. Kasus baru COVID-19 terus meningkat sejak memasuki masa PSBB transisi fase I yang dimulai pada Jumat 5 Juni 2020. Update terkini kasus corona 7 Juni 2020 terdapat 31.186 kasus positif, 10.498 pasien dinyatakan sembuh dan 1.851 jiwa meninggal.

Baca Juga: Protokol New Normal untuk Perusahaan (Infografis)

Per tanggal 8 Juni 2020 selama masa PSBB transisi perkantoran dibuka dengan kapasitas 50 persen dengan mengikuti beberapa persyaratan, yaitu:

  1. Proporsi karyawan yang bekerja di kantor (work from office) 50 persen, sedangkan sisanya bekerja dari rumah (work from home).
  2.     Setiap kantor membagi jam kerja karyawannya sekurang-kurangnya dua kelompok waktu yang berbeda dengan jeda minimal 2 jam. 

Ilustrasi protokol yang disarankan adalah jam kerja dibagi menjadi 2 (dua) kelompok waktu, yaitu mulai pukul 07.00 dan 09.00. Jam kerja dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing kantor. 

Sebagai pemilik usaha Anda dapat mengkaji apakah kebijakan pemerintah Jakarta memasuki PSBB transisi align dengan operasional dan bisnis yang sedang berjalan di masa pandemi corona. Keselamatan dan keamanan karyawan wajib diutamakan, sehingga dari hal personal kondisi karyawan (usia, kondisi hamil dan penyakit bawaan berisiko) dan teknis (sarana transportasi yang digunakan karyawan) juga menjadi pertimbangan pengambilan kebijakan. Panduan new normal sebagai dasar pengambilan kebijakan dapat mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri.

Baca Juga: 3 Faktor Penting untuk Memonitor Data Absensi Karyawan

Memudahkan perusahaan mengimplementasi new normal, Gadjian aplikasi payroll membantu perusahaan Anda untuk mengelola karyawan dan menghitung gaji online. Aplikasi berbasis cloud memudahkan HR pada perusahaan Anda untuk mengakses Gadjian saat work from office maupun work from home. Payroll software Gadjian dapat mengakomodasi manajemen absensi dan terintegrasi dengan aplikasi absensi karyawan Hadirr. Data kehadiran karyawan akan tercatat di Gadjian dan secara otomatis menghitung komponen pendapatan berdasarkan kehadiran. Mengurangi kerepotan perusahaan Anda saat menghitung gaji di tengah masa PSBB transisi.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Coba Gadjian Sekarang

Writer: Haunina K. Sari