Salah satu hikmah pandemi corona adalah munculnya aneka peluang usaha yang sebelumnya bisa jadi tidak terlintas di pikiran kita. Berikut ini beberapa peluang usaha di tengah pandemi corona yang layak Anda coba. Anda juga bisa membaca bagian pertama dari artikel Peluang Usaha di Tengah Pandemi Corona di tautan ini

Baca Juga: Bisnis Minuman Kekinian Harga Terjangkau

 

1. Bisnis Baju Santai 

Pandemi membuat banyak merek premium seperti Neiman Marcuss, Louis Vuitton, dan Rolex gulung tikar.  Namun sebaliknya, permintaan akan baju santai (relax wear) meningkat dikarenakan meningkatnya aktivitas di rumah saja (work from home) selama pandemi. Ini merupakan kesempatan bagi produsen dan distributor pakaian santai, pakaian rumah dan baju tidur seperti piyama, daster, t-shirt, celana pendek dan sebagainya untuk dapat menarik pelanggan. 

Contohnya saja Mouza (salah satu klien pengguna Hadirr) yang mengalami peningkatan permintaan gamis dan daster. Sebelumnya Mouza hanya memproduksi gamis saja, namun agar tetap bertahan di pandemi ini Mouza mencoba memproduksi daster dan terbukti hasilnya cukup memuaskan. Selain itu Distro Dakwah (salah satu klien pengguna Gadjian) pun mengalami peningkatan penjualan.

 

2. Bisnis Micro Farming atau Urban Farming

Diberlakukannya aturan kerja di rumah atau work from home (WFH) serta banyaknya perusahaan yang melakukan PHK atau merumahkan karyawannya membuat masyarakat saat ini semakin mementingkan ketahanan pangan secara mandiri (swasembada pangan). Aktivitas berkebun seperti memelihara tanaman hidroponik, budidaya lele, dan urban farming kini semakin digemari. Untuk itu, saat ini merupakan kesempatan yang tepat bagi penyedia bibit, pengajar atau konsultan peternakan dan pertanian agar dapat meraup untung lebih dengan menekuni bisnis terkait edukasi micro farming atau urban farming bagi masyarakat perkotaan.

 

3. Bisnis Suplemen Alami

Pandemi yang terjadi sekarang membuat masyarakat semakin meningkatkan kesadaran akan gaya hidup sehat. Konsumsi aneka suplemen yang dipercaya dapat menjaga kesehatan dan imunitas tubuh pun meningkat, khususnya suplemen alami yang harganya relatif terjangkau. Ini merupakan kesempatan bisnis yang bagus bagi produsen, distributor maupun reseller dan retailer suplemen alami untuk meningkatkan omset. Herbilogy, salah satu klien Gadjian, adalah salah satu contoh pionir produsen suplemen alami yang merasakan peningkatan permintaan di masa pandemi corona.

Baca Juga: Wow! 5 Ide Usaha Ini Sangat Menjanjikan Saat Pandemi Loh

 

Setelah membaca peluang-peluang bisnis di atas apakah bisnis Anda berpotensi untuk dikembangkan meraih kesempatan-kesempatan di atas? Jika ya, tidak ada salahnya Anda mencoba mengembangkan bisnis ke area-area tersebut. Untuk memastikan bisnis Anda berjalan secara efisien dan efektif di masa pandemi ini, jangan lupa menggunakan software untuk otomasi fungsi-fungsi rutin dan merepotkan seperti proses penggajian dan monitor kinerja karyawan. Aplikasi Gadjian dan Hadirr dapat menjadi rekanan Anda dalam memastikan operasional bisnis dapat berjalan lancar, khususnya di masa new normal.

 

Coba Gadjian Sekarang

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: Diyan Faranayli