Di saat pandemi seperti ini apabila Anda masih menjalankan kegiatan di rumah saja pasti banyak hal-hal baru yang dilakukan. Tanpa disadari ternyata Anda bisa mengeksplor banyak hal, misalnya mencoba memasak menu makanan baru, mencoba berkreasi dalam hal seni seperti melukis dan banyak kegiatan lainnya. 

Tak hanya dapat mengeksplor banyak hal, di saat-saat seperti ini Anda pun dapat menambah penghasilan diluar penghasilan utama. Ada beberapa ide usaha menjanjikan saat pandemi yang bisa Anda coba, antara lain:

Baca Juga: Teknologi Cloud Bisa Bantu UKM di Kala Pandemi Covid-19

 

1. Bisnis Jasa Ekspedisi 

Saat ini penjualan online sedang meningkat dan kita ketahui juga bahwa ini tidak dapat dilepaskan dari bantuan pihak jasa pengantaran (ekspedisi). Meski banyak bisnis yang terdampak negatif karena pandemi, namun bisnis logistik dan jasa kurir merupakan salah satu ide usaha menjanjikan yang dapat dibilang terdampak positif di masa pandemi Covid-19.

Salah satu contoh perusahaan logistik yang merupakan salah satu klien Gadjian, yaitu Paket.id, yang telah menetapkan prosedur ketat untuk melindungi keamanan karyawan dan paket. Dimana pelanggan Paket.id dapat memesan penjemputan paket melalui aplikasi sehingga pelanggan tidak perlu untuk keluar rumah serta pembayaran pun dapat dilakukan secara non-tunai. Cara ini dapat diterapkan juga di bisnis jasa ekspedisi Anda nantinya.

 

2. Bisnis Online 

Dapat kita ketahui bahwa saat ini belanja online meningkat tajam dikarenakan keterbatasan orang untuk dapat berbelanja secara langsung di outlet (offline). Namun ternyata adanya hal tersebut tidak menghalangi orang untuk berbelanja berbagai kebutuhan pokok maupun tersier karena terbantu dengan adanya toko online

Dengan membuka bisnis toko online modal yang dikeluarkan tidak besar dan dapat dimulai dari rumah saja. Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller ataupun dropshipper. Bisnis online pun sistemnya sangat fleksibel: berjualan di rumah, transaksi melalui m-banking, dan barang pun siap untuk dikirim. 

 

3. Bisnis Home Cleaning 

Di saat seperti ini semua orang mulai menyadari betapa pentingnya untuk menjaga kebersihan, baik itu kebersihan untuk diri sendiri maupun kebersihan orang sekitarnya. Untuk itu bisnis home cleaning sangatlah cocok di saat ini, karena jasa yang diberikan dapat berupa pembersihan area rumah maupun kantor agar terhindar dari virus, bakteri maupun tungau yang menumpuk di sofa maupun bagian lainnya.

PT Cipta Dwiputra Cemerlang, salah satu klien Hadirr yang bergerak di bidang jasa home cleaning dengan nama brand CleaN’Co. Perusahaan ini juga melayani jasa semprot disinfektan disinfektan spray untuk cegah penyebaran virus corona. 

 

4. Bisnis Frozen Food

Sebagian besar kegiatan yang melibatkan publik dibatasi. Usaha yang tergolong bertahan dan menguntungkan disaat pandemi saat ini adalah bisnis frozen food, karena di situasi saat ini orang-orang lebih banyak melakukan kegiatannya di dalam rumah. Anda dapat memulai bisnis ini dengan menjadi agen frozen food. Salah satu klien Gadjian yang bergerak di bidang makanan beku, seperti perusahaan pengolahan daging Bolesca Foodindo, mengalami kenaikan permintaan di masa-masa ini dan membuka keagenan wilayah bagi pihak-pihak yang tertarik memasarkan produk-produk seperti agen Sosis Max.

 

5. Bisnis Minuman Rempah-Rempah & Ramuan Herbal

Di tengah pandemi, ramuan herbal alami yang mengandung bahan-bahan seperti kunyit, temulawak, jahe, dan lainnya terkenal dapat meningkatkan sistem imun. Oleh karena itu, bisnis ramuan atau minuman herbal dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Suwe Ora Jamu adalah contoh klien Gadjian dan Hadirr yang merasakan peningkatan permintaan di masa pandemi ini.

Baca Juga: Transisi PSBB: Siapkah Pelaku Usaha Terapkan Teknologi Touchless Saat Pandemi Covid-19?

Perusahaan-perusahaan yang disebutkan di atas menggunakan aplikasi absensi Hadirr untuk memantau kinerja dari segi kehadiran karyawan. Pencatatan absen pun mudah, cukup dengan melakukan swafoto (selfie) menggunakan smartphone. Sedangkan pengelolaan penggajian dan administrasi karyawan, perusahaan tersebut berlangganan aplikasi HR & payroll Gadjian. 

Kedua aplikasi ini berbasis cloud sehingga pengelolaan dan monitor karyawan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pengelolaan karyawan secara digital bukan saja lebih praktis, tapi juga memudahkan pengelolaan perusahaan. Bagaimana dengan perusahaan Anda?

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Coba Gadjian Sekarang

Writer: Diyan Faranayli