Adanya penerapan transisi menuju masa new normal membuat berbagai pihak terutama perusahaan harus bersiap adaptasi kebiasaan baru di kantor. Demi tetap menjaga kesehatan dan keselamatan bersama serta menaati protokol new normal saat penerapan PSBB transisi (Pembatasan Sosial Berskala Besar) ini, semua kalangan baik itu perusahaan atau para pelaku usaha harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru karena beberapa kegiatan tidak bisa dilakukan lagi seperti sedia kala.

Adaptasi kebiasaan baru di kantor dimulai dari berangkat kerja. Dimana sebelum berangkat ke kantor hendaknya dilakukan pengecekan kesehatan secara mandiri serta diwajibkan untuk selalu membawa perlindungan diri seperti masker kain dan hand sanitizer

Baca Juga: Template Buku Panduan New Normal untuk Karyawan

Apabila sudah memasuki area kantor dan karyawan hendak menggunakan lift maupun eskalator sebaiknya lebih utama gunakan tangga terlebih dahulu. Apabila tidak memungkinkan gunakanlah lift dan pastikan kapasitas tidak melebihi 50%. Dan apabila menggunakan eskalator, hindari untuk memegang pegangan eskalator. 

Penggunaan fasilitas kantor pun harus benar-benar diperhatikan seperti:

  • Gunakan aplikasi absensi online untuk mencatat absen, sehingga akan lebih higienis
  • Bawa peralatan pribadi dari rumah dan tidak berbagi dengan orang lain
  • Gunakan fasilitas kantor bergantian untuk menghindari kerumunan
  • Bersihkan area kerja secara berkala dengan cairan desinfektan sebelum mulai kerja 

Kegiatan yang harus dilakukan adaptasi lainnya yaitu saat pulang kantor, dimana dianjurkan untuk:

  • Melepas dan simpan alas kaki, masker, jaket dan lapisan luar pakaian di luar rumah 
  • Buang masker sekali pakai di tempat sampah, namun sebelumnya harus dibungkus dengan kantong plastik maupun kantong kertas
  • Renda, dengan air detergen masker kain, kaus kaki dan pakaian luar lainnya
  • Bersihkan dengan desinfektan atau air barang-barang pribadi dari luar seperti HP, dompet dan lain-lain
  • Hindari menyentuh benda atau anggota keluarga di rumah sebelum mandi

Kegiatan atau interaksi baik itu secara internal dan eksternal harus dilakukan perubahan juga. Apabila akan diadakan meeting dan penyelenggaraan acara, hendaknya diutamakan dilakukan secara online. Apabila tidak memungkinkan maka:

  • Pastikan atasan mengetahui dan batasi jumlah anggota atau peserta meeting 
  • Pastikan seluruh peserta meeting dalam kondisi sehat, tidak demam atau batuk
  • Pastikan di ruang meeting tersedia tisu dan hand sanitizer
  • Jaga jarak satu meter dan gunakan masker kain

Hindari juga pekerjaan yang harus melakukan perjalanan dinas. Namun apabila tetap diharuskan, pastikan kesehatan karyawan prima dan atasan mengetahui rencana perjalanan dinas tersebut. Jangan lupa untuk melengkapi diri dengan menggunakan masker, hand sanitizer dan sarung tangan jika diperlukan serta selalu patuhi instruksi dan peraturan dari otoritas kesehatan setempat tujuan bepergian.

Untuk menambah keamanan dan kenyamanan saat berada di kantor diperlukan tool maupun >> Buku Panduan New Normal untuk Karyawan << yang dapat menunjang perubahan yang terjadi saat ini. Tool yang dapat digunakan untuk para pelaku usaha adalah Hadirr, aplikasi absensi online berbasis cloud. Karyawan hanya perlu melakukan absensi dengan cara selfie di perangkat handphone masing-masing. 

Baca Juga: Strategi Mengelola Karyawan Remote Saat Pandemi Corona

Sistem pencatatan absensi dilengkapi dengan teknologi Global Positioning System (GPS) untuk mengetahui lokasi tempat absensi karyawan. Serta dilengkapi dengan teknologi face recognition yang akan mencocokkan foto selfie karyawan saat clock in dengan data karyawan yang sudah tersimpan sebelumnya.

Aplikasi Hadirr dapat mengakomodasi apabila 50% karyawan Anda bekerja secara work from home (WFH), sehingga perusahaan tetap dapat memonitor karyawan di kantor maupun di rumah.  Selain itu, karyawan juga bisa membuat daftar pekerjaan dengan fitur timesheet di aplikasi sehingga memudahkan perusahaan dalam memantau manajemen waktu mereka.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: Diyan Faranayli