Pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari tiga bulan di Indonesia, menuntut masyarakat untuk melakukan aktivitas secara virtual seperti belajar dan bekerja dari rumah. Berbagai aplikasi digunakan seperti, aplikasi online meeting, aplikasi belajar online hingga aplikasi absensi online untuk menanggapi new normal pasca pandemi hadir.

Meski bekerja dari rumah bukan merupakan hal yang baru, karena selama ini beberapa sektor pekerjaan ada yang menjalani remote working seperti pekerja paruh waktu (freelancer) di sektor industri kreatif. Melihat lebih jauh, tentunya setelah wabah virus corona ini mereda ada beberapa pola kehidupan yang berubah. Sehingga ada beberapa hal yang perlu disesuaikan terkait perubahan yang terjadi akibat pandemi saat ini. 

 

Pertama, suasana kerja dan kantor pasti tidak akan menjadi sama lagi. Banyak hal yang akan berubah. Setelah pandemi ini mereda kita harus bekerja dengan tetap menjaga jarak, baik physical distancing ataupun social distancing. Tidak menutup kemungkinan kita juga harus bekerja secara bergantian (shifting) antara bekerja di rumah ataupun bekerja di kantor. Hal ini dilakukan untuk menghindari karyawan masuk pada saat yang bersamaan. Dengan adanya hal tersebut, tentunya akan menimbulkan tantangan baru bagi perusahaan.

Baca Juga: Waspada Gejala WFH Burnout dan Bagaimana Mengatasinya

Solusi yang dapat dilakukan perusahaan yaitu menggunakan sistem aplikasi absensi online yang dapat diakses melalui smartphone masing-masing karyawan. Hal tersebut dapat membantu perusahaan memantau kehadiran karyawan dimana saja, baik di kantor maupun di luar kantor atau rumah. 

 

Kedua, setelah pandemi mereda orang-orang dituntut untuk tetap waspada terhadap penularan virus corona. Walaupun virus ini nantinya akan mereda, namun tetap harus dilakukan pencegahan secara preventif. Umumnya perusahaan menggunakan fingerprint untuk memonitor dan menghitung kehadiran karyawan, namun hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena penyebaran virus dapat terjadi pada alat fingerprint yang digunakan oleh karyawan.

Aplikasi absensi berbasis cloud merupakan solusi efektif dan efisien dalam mengelola kehadiran karyawan. Aplikasi absensi dapat diakses oleh masing-masing karyawan di smartphone. Dengan demikian, karyawan dapat melakukan tanpa perlu takut terkontaminasi oleh virus dari peralatan kantor yang umum digunakan oleh banyak karyawan.

Baca Juga: Gadjian Tawarkan Dana Talangan THR Bagi Para Pengusaha

 

Dengan adanya penyesuaian terhadap kondisi saat ini, perusahaan dituntut untuk dapat bereaksi cepat terhadap perubahan tersebut. Untuk mendukung strategi bisnis setelah krisis, aplikasi absensi online Hadirr mampu mengakomodasi kebutuhan perusahaan agar monitoring karyawan lebih efisien. Perusahaan dapat memanfaatkan Hadirr untuk mencatat kehadiran karyawan dengan fitur clock-in dan clock-out. Presensi akan tercatat berdasarkan validasi referensi wajah dan GPS location.

Karyawan cukup melakukan absen selfie (swafoto) pada smartphone pribadi sehingga tidak perlu takut terkontaminasi oleh virus. Kehadiran karyawan dapat dengan mudah dimonitor dengan men­-download laporannya di dalam aplikasi Hadirr. Tantangan perubahan setelah masa pandemi Covid-19 dapat teratasi dengan mobile attendance Hadirr.

Aplikasi Absensi Online Hadirr